7 Penyakit Mulut Pencuri Senyum Indah Anda

Info Sehat / 5 December 2012

Kalangan Sendiri

7 Penyakit Mulut Pencuri Senyum Indah Anda

Puji Astuti Official Writer
5912

Mulut dan gigi adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Mulai dari bibir, gigi, lidah hingga rongga dinding mulut. Untuk itu perlu menjaga kesehatan mulut dengan baik sehingga bisa menghindari ketidak nyamanan seperti sakit gigi atau sariawan. Namun apakah penyakit mulut yang paling sering manusia alami?

Luka pada bibir

Luka pada bibir atau melepuh akibat demam, tidak disebabkan oleh demam tetapi bisa dipicu oleh karenanya. Virus bisa menjadi penyebab luka tersebut, biasanya ditularkan lewat ciuman, alat makan atau kontak tubuh lainnya. Untuk mengatasinya bisa menggunakan krim bibir atau saleb untuk membantu melembabkan bibir dan mempercepat kesembuhan. Namun jika tidak kunjung sembuh perlu secepatnya memerikasakan diri ke dokter.

Sariawan

Penyakit ini sering dialami oleh bayi dan juga orangtua. Hal ini disebabkan oleh melemahnya kekebalan tubuh, antibiotic, diabetes dan juga obat-obatan tertentu yang menyebabkan jamur candida tumbuh dengan subur di mulut. Untuk itu jika sudah cukup mengganggu, segera periksakan diri ke dokter.

Leukoplakia

Leukoplakia adalah reaksi terhadap iritasi, seperti gigi menjadi kasar, gigi palsu yang tidak pas, dan merokok. Hal ini terlihat seperti bercak putih atau plak dalam mulut, biasanya tidak sakit dan tidak bisa dikerok. Leukoplakia bisa juga menjadi tanda pra-kanker.

Gigi Terkelupas

Akibat mengunyah es atau permen yang keras, ataupun sering menggertakkan gigi, bahkan mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin dapat menyebabkan gigi retak dan patah. Retakan gigi sekalipun kecil kemungkinan akan mengganggu, tetapi yang lebih buruk hal itu bisa menyebabkan rasa sakit dan kerusakan gigi permanent. Untuk mengatasi hal ini, biasanya dokter gigi akan menyarankan menambal gigi atau memperbaiki mahkota gigi yang rusak.

Karang gigi

Ketika karang gigi mulai menumpuk sepanjang gusi, hal itu bisa menyebabkan peradangan, bengkat dan pendarahan. Kebersihan mulut dapat mencegah karang gigi. Merokok, diet yang buruk dan stress dapat membuat masalah karang gigi menjadi lebih buruh.

Periodontitis

Tahap selanjutnya dari penyakit yang disebabkan oleh karang gigi adalah priodontitis atau infeksi gusi. Peningkatan peradangan menyebabkan gusi mengerut dan membentuk kantong antara gigi dan gusi. Kantong-kantong tersebut menjadi tempat plak dan sisa-sisa makanan yang akhirnya menyebabkan infeksi dan abses. Peradangan ini akhirnya merusak tulang yang mendukung gigi dan menjadi salah satu penyebab utama orang dewasa mengalami gigi tanggal, atau kehilangan gigi.

Rongga, abses, dan perubahan warna

Flossing dan menyikat setiap hari dan pemeriksaan gigi yang teratur membantu mencegah masalah seperti gigi berlubang, abses dan perubahan warna pada gigi. Jangan main-main dengan sakit gigi yang parah, infeksi pada gigi dapat menyebar ke tulang tengkorak, wajah bahkan aliran darah. Kunjungi segera dokter gigi Anda jika mengalami demam, sakit telinga atau nyeri ketika membuka mulut Anda dengan lebar.

Baca Juga :

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Tempat yang Bisa Dijadikan Liburan Romantis Suami Istri

Investasi yang Diperlukan Untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Pasangan Merengek Minta Perhatian? Lakukan Cara Ini

Investasi yang Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Resep Gingerbread, Kue Natal yang Unik

Sumber : WebMD | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami