Bisnis yang Dijalankan Orang-Orang Terkaya Indonesia

Nasional / 4 December 2012

Kalangan Sendiri

Bisnis yang Dijalankan Orang-Orang Terkaya Indonesia

Lois Official Writer
4082

Majalah Forbes Indonesia baru-baru ini melansir daftar terbaru orang terkaya di Indonesia. Mereka punya berbagai bisnis yang membuat nama mereka terpampang sebagai orang terkaya. Lantas, apa saja bisnis yang membuat mereka menjadi miliar tersebut? Ini dia bisnisnya

Rokok

Meskipun rokok sering digadang-gadang sebagai benda yang berbahaya, namun masyarakat Indonesia ternyata banyak yang mengkonsumsi rokok. Hal ini pula yang menyebabkan miliarder yang menjalankan usaha ini mampu meraup keuntungan. Setidaknya, dari sekian banyak pebisnis yang bergerak di industri rokok, ada tiga nama yang masuk dalam daftar 40 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes yaitu Budi dan Michael Hartono pemilik Grup Djarum, Susilo Wonowidjojo pemilik Gudang Garam, dan Putra Sampoerna.

Minyak Sawit

Kelapa sawit dan minyak sawit merupakan produk ekspor terbesar Indonesia yang dipasarkan di perdagangan internasional. Eka Tjipta Widjaja yang merupakan pendiri Sinar Mas Group menjadi salah satu orang sukses di bidang ini. Ada pula Ciliandra Fangiono dengan kebun kelapa sawit First Resources. Ada juga Martua Sitorus yang merupakan pendiri Wilmar Internasional dengan salah satu anak perusahaannya memproduksi minyak goreng merk Sania.

Properti dan Real Estate

Ciputra telah merasakan manisnya bisnis property ini dengan menjadi orang terkaya nomor 24 di Indonesia. Ada pula nama lain seperti Alexander Tedja yang merupakan pemilik PT. Pakuwon Jati Tbk, perusahaan satu-satunya yang berasal dari luar Jakarta.

Minyak dan Batubara

Indonesia yang dikenal sebagai salah satu surga sumber batubara dunia memang tak membuat kita heran jika penggerak ekonomi di bidang ini dapat berhasil. Theodore Rachmat merupakan salah satunya yang berada di urutan ke-17 dan juga Garibaldi Thohir. Selain itu, ada pula nama Hashim Djojohadikusumo.

Media

Tiga nama pebisnis media yang tercatat yaitu Chairul Tanjung yang sukses dengan CT Corps yang menaungi dua media televisi dan satu media online, pemilik MNC Group Hary Tanoesoedibjo yang memiliki tiga stasiun televisi nasional, dan Eddy Kusnadi Sariatmadja yang memiliki SCTV.

Ritel

Mungkin Anda tidak mengenal Djoko Susanto, tapi Anda tentu mengenal usahanya, Alfamart. Bersama Putra Sampoerna, dia mendirikan Alfa sebagai pusat belanja. Chairul Tanjung pun sukses dengan Carrefour Indonesia. Awalnya, sahamnya di Carrefour Indonesia hanya 40 persen namun belakangan ini dia membeli seluruh sahamnya.

Maskapai Penerbangan

Bertahan di bisnis maskapai penerbangan memang tidak mudah karena saling bersaing memperebutkan penumpang dengan berbagai strategi. Namun, ada pebisnis yang sudah merasakan manisnya bisnis ini yaitu Kusnan dan Rusdi Kirana yang membuat penerbangan Lion Air terbang tinggi.

Bisnis apapun yang Anda lakukan, lakukanlah dengan sepenuh hati dan berikanlah yang terbaik buat semua pelanggan Anda. Ingatlah, bisnis tidak hanya tentang talenta, tapi kerja keras dan perjuangan.

 

Baca Juga :

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Tempat yang Bisa Dijadikan Liburan Romantis Suami Istri

Investasi yang Diperlukan Untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Pasangan Merengek Minta Perhatian? Lakukan Cara Ini

Investasi yang Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Resep Gingerbread, Kue Natal yang Unik

Sumber : merdeka by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami