Kemenpera Rencanakan Rusun Apung di Atas Kali Ciliwung

Nasional / 24 November 2012

Kalangan Sendiri

Kemenpera Rencanakan Rusun Apung di Atas Kali Ciliwung

Lois Official Writer
3102

Nampaknya Jakarta memang melakukan pembenahan diri secara besar-besaran. Saat ini, Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) berencana membangun Rumah Susun (Rusun) Apung di atas kali Ciliwung, alias mengangkang di atas bantaran sungai karena kedua “kaki” apartemen ada di masing-masing sisi sungai. Untuk itu, bahu sungai dirancang untuk kokoh dulu sehingga ketika air sungai surut, akan tercipta lapangan besar yang bisa digunakan untuk kegiatan publik.

Menurut Menteri Perumahan Rakyat Djan Farid, konsep rusun apung diadopsi dari gaya apartemen di Jepang, Italia, ataupun Roma. Rununawa ini akan dilengkapi dengan ruang terbuka, sekolah, puskesmas, pasar, sanggar tari, tempat peribadatan bahkan tempat olahraga seperti lapangan futsal.

Pembangunan Rusun Apung ini dimaksudkan untuk menata wilayah bantaran kali Ciliwung. Di jaman penjajahan Belanda, Ciliwung disebut aliran sungai di Venesia, namun sekarang bantarannya dipadati oleh hunian tak tertata dan dipenuhi kekumuhan, kemiskinan, rentan bencana, dan kriminalitas tinggi. Pembangunan rusun apung ini ditujukan kepada warga yang telah terlanjur tinggal di bantaran sehingga mereka bisa tetap tinggal di sana tanpa harus menggusur.

Pembangunan rusun apung ini akan dilakukan sebanyak empat tahap dimana pada akhirnya dapat menampung lebih dari 40.000 KK. Kemenpera harus melakukan kegiatan normalisasi dalam bentuk pengerukan dan pelebaran Kali Ciliwung terlebih dahulu sebelumnya sepanjang 35 kilometer, 8 kilometer untuk tahap pertama. Selain bisa dijadikan sebagai kawasan huni, bantaran kali bisa dimanfaatkan sebagai ruang rekreasi dan interaksi sosial, jalur sungai sebagai mitigasi bencana, dan persediaan air sungai bagi keperluan pemadam kebakaran.

Kita sungguh berharap bahwa rencana ini dapat terwujud sehingga lama kelamaan, tidak ada lagi daerah kumuh di Jakarta. Selain itu, tentunya hal ini akan dapat dicontoh daerah lainnya sehingga Indonesia menjadi negara yang bersih, tata kotanya baik, dan tertib.

 

Baca Juga :

Kisah Anak Muda yang Sejak Kecil Terkena Penyakit Kulit

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia 

Havenu Shalom Alechem

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Hilangkan Kebiasaan Mendengkur Dengan 6 Langkah Ini

Bagaimana Jika Visi Misi Suami Istri Berbeda?

Resep Nastar Untuk Natal Anda

Ini Alasan Kenapa Pencernaan Terganggu

Sumber : viva.co.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami