Huang Yu-siang, Sarjana Musik Tuna Netra Pertama di Taiwan

Huang Yu-siang, Sarjana Musik Tuna Netra Pertama di Taiwan

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3346

Huang Yu-siang terlahir dengan kebutaan. Namun keterbasan tidak menahannya untuk berprestasi. Kemampuannya bermain musik membuatnya meraih banyak prestasi, termasuk orang buta pertama yang menjadi sarjana musik jurusan piano di Taiwan. Kisah hidupnya bahkan telah dijadikan film dan laris di Taiwan dan di luar negeri.

Film berjudul Touch of Light tersebut mendapatkan berbagai penghargaan, termasuk bagi Huang Yu-siang yang memerankan dirinya sendiri. "Saya terkejut dengan tanggapan masyarakat di sini (Taiwan) dan luar negeri. Banyak orang mengatakan kepada saya bahwa mereka terinspirasi untuk mewujudkan mimpi mereka," ujarnya, seperti dikutip AFP dalam sebuah wawancara. 

Bakat bermusik Huang mulai tampak saat dirinya berusia dua tahun. Saat itu ia tanpa kesulitan memainkan tuts piano beberapa lagu, hanya dengan sekali mendengar saja. Ia kemudian banyak mengikuti lomba dan berhasil memenangkannya.

Namun demikian, Huang mengaku juga pernah merasakan penolakan. Dia sering diolok-olok, bahkan ketika SMP, dia sempat ditolak masuk kelas musik karena dianggap tidak bisa melihat not balok.

"Memang sulit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Tapi saya menyadari bahwa saya tidak bisa hanya duduk dan meratapi nasib sambil menunggu bantuan orang lain. Saya harus mengambil inisiatif untuk berubah," ujar Huang.

Tidak ada orang yang mau terlahir sebagai orang buta. Namun bagaimanapun keadaan kita, kita harus tetap mengucap syukur dan percaya bahwa Tuhan mempunyai maksud yang baik dalam hidup kita. Karena itu, kita pun harus berusaha sedemikian rupa untuk menjadi berkat bagi orang lain dan terutama untuk mempermuliakan Tuhan.

Sumber : afp,beritasatu/vn

Ikuti Kami