Orang Miskin Adalah Mereka yang Bekerja Untuk Gaya Hidup Mewah

Nasional / 16 November 2012

Kalangan Sendiri

Orang Miskin Adalah Mereka yang Bekerja Untuk Gaya Hidup Mewah

daniel.tanamal Official Writer
6856

Presiden Uruguay Jose Mujica yang dijuluki sebagai pemimpin negara termiskin didunia ini memberikan penjelasan dan pandangannya terhadap gaya hidup sederhananya. Begitu juga dengan julukan yang diberikan kepadanya. Mujica tetap memilih hidup yang jauh dari kemewahan dan terus mendonasikan 90 persen gajinya setiap bulan.

"Hampir seluruh hidup saya habiskan dengan cara seperti ini. Saya bisa hidup baik dengan apa yang saya miliki saat ini. Saya disebut presiden termiskin di dunia, tetapi saya tak merasa miskin. Orang miskin adalah mereka yang bekerja hanya untuk menjaga gaya hidup mewahnya dan selalu menginginkan lebih," ujarnya berfilosofi.

Dengan gaji yang didonasikanya, kini Mujica hanya menerima kurang dari Rp 800.000. Tercatat pada 2010 total kekayaan pribadinya hanya 1.000 dollar AS atau kurang dari Rp 10 juta. Dua tahun memerintah, kekayaan Mujica hanya mencapai 215.000 dollar AS atau sekitar Rp 2 miliar. Angka yang begitu miskin untuk seorang kepala negara.

Mantan anggota kelompok bersenjata berhaluan kiri Tupamaros ini pernah enam kali tertembak dan mendekam 14 tahun di  penjara dengan kondisi buruk. Namun kondisi itulah yang membuat  kepribadian dan pandangan hidupnya berubah menjadi sederhana. Dirinya kini tinggal di tanah pertanian di luar ibu kota yang jalan menuju kediamannya belum dilapisi aspal, tanpa penjagaan ketat pasukan elite kepresidenan.

"Ini adalah masalah kebebasan. Jika Anda tak memiliki banyak barang maka Anda tak perlu bekerja keras untuk mempertahankannya dan bekerja seumur hidup layaknya budak. Dengan cara seperti ini, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Banyak yang mengatakan saya orang tua gila atau eksentrik, tapi ini adalah masalah pilihan," lanjut dia.

 
Meski banyak menuai kritikan dan pujian, Mujica berhasil membawa warna kesederhanaan dan filosofi hidup yang begitu menginspirasi, bahwa uang dan harta kekayaan tidak menjadi hal yang utama dalam meraih kebahagiaan dan kekuasaan untuk memimpin masyarakat. Tergerak untuk menjadi seperti Mujica?

 

 


Sumber : kompas.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami