Rhoma Irama Bisa Jadi Rebut Suara Rakyat Menengah Bawah

Rhoma Irama Bisa Jadi Rebut Suara Rakyat Menengah Bawah

Lois Official Writer
2040

Rhoma Irama, pedangdut yang telah melalang buana di dunia musik Melayu itu digadang sebagai salah satu kandidat capres dari Partai Persatuan Pembangunan. Menurut pengamat politik Charta Politika, Yunarto Wijaya, peluang Raja Dangdut dalam perebutan kursi Presiden SBY ini dinilai cukup besar. “Karena karakter masyarakat kita belum rasional dalam memilih pemimpin, ada kemungkinan dia merebut suara pemilih,” kata Yunarto, Selasa (13/11).

Menurutnya lagi, peluangnya terletak pada masyarakat kelas menengah bawah yang masih banyak di Indonesia. Selain itu, jika tolak ukur yang dipakai adalah popularitas, Rhoma Irama yang ngetop dengan lagu Berjudi ini bisa saja meraih suara lebih tinggi dibandingkan kandidat lain seperti Prabowo, Aburizal Bakrie, maupun Yusril Ihza Mahendra.

Munculnya tokoh yang pernah menghembuskan isu SARA sewaktu pemilihan Gubernur DKI Jakarta ini dinilai sebagai wujud fenomena yang tidak masuk akal di kalangan kelas menengah dalam memilih pemimpin. “Ide pencalonan Rhoma yang out of the box menunjukkan betapa cairnya persaingan 2014 mendatang. Banyak pihak merasa punya peluang setelah SBY yang selama 10 tahun menjadi episentrum politik, dipastikan tidak bisa maju,” katanya.

Meskipun begitu, masyarakat Indonesia khususnya Jakarta saat ini dapat berpikir lebih kritis. Hal ini terbukti dari pemilihan Gubernur DKI Jakarta beberapa waktu yang lalu dimana meskipun tidak didukung partai-partai besar dan tidak mengadakan kampanye besar-besaran, Jokowi tetap dapat menang. Itu membuktikan rakyat yang memilihnya karena dapat melihat dengan kritis dan bukan karena popularitas atau ketenaran saja.

 

Baca Juga :

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Hilangkan Kebiasaan Mendengkur Dengan 6 Langkah Ini

Uncharted Territory Don Moen, Sungguh Menginspirasi !

Antar Hutang Budi dan Cinta Pada Pasangan

Resep Klappertart, Makanan Khas Manado yang Super Enak

5 Pahlawan Cerita Terkenal Asli Indonesia

Resep Kue Super Lezat : Brownies Coklat

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami