Raja Daud Pahlawan ' Praise and Worship '

Kata Alkitab / 9 November 2012

Kalangan Sendiri

Raja Daud Pahlawan ' Praise and Worship '

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
10085

Salah satu ciri pahlawan adalah memiliki keberanian untuk membuat terobosan yang lahir dari sikap mengasihi kepada TUHAN dan hasil terobosan tersebut disukai banyak orang serta berkenan di hati Allah. Sehingga hal itu mendatangkan berkat bagi banyak orang dan bahkan bagi suatu bangsa.

Adapun terobosan yang paling besar dan berdampak yang telah dilakukan Raja Daud adalah ketika ia menjadi penyembah dan pemuji TUHAN yang berkenan di hati TUHAN,lalu membawa kebiasaannya tersebut menjadi bagian dari ibadah semua orang Israel.

Padahal Hukum Taurat menetapkan hanya suku Lewilah yang bisa melayani di bait suci, dan hanya seorang Imam Maha Kuduslah yang dapat merasakan kehadiran TUHAN. Tapi tidak demikian dengan Raja Daud, sekalipun ia tidak diurapi sebagai imam dan bukan dari suku Yehuda, ia memiliki hubungan pribadi yang sangat intim dengan TUHAN.

Ia bukan hanya berhasil bergaul intim dengan TUHAN, namun ia juga berani membuat terobosan lainnya dalam mengekspresikan kekaguman dan kecintaannya terhadap TUHAN dengan caranya yang unik namun disukai oleh banyak orang Israel.

Ada pun terobosan-terobosan yang dibuat Raja Daud, yang pada akhirnya digunakan oleh seluruh imam Lewi dan menjadi bagian dalam ibadah umat TUHAN hingga saat ini, adalah:

1) Mengungkapkan rasa syukur, pengagungan, pujian, doa dan penyembahannya kepada Allah dengan bernyanyi atau bermazmur sambil diiringi alat musik. ([kitab]itawa15:16[/kitab]; [kitab]mazmu95:1[/kitab]; [kitab]mazmu104:33[/kitab]; [kitab]mazmu150:3-5[/kitab])

2) Bernyanyi dengan sangat nyaring sambil bangkit berdiri bahkan dengan bersorak-sorai. ([kitab]iitaw20:19[/kitab]; [kitab]mazmu47:2[/kitab])

3) Mengekspresikan rasa syukur, kekaguman dan rasa hormatnya pada TUHAN dengan mengangkat tangan. ([kitab]mazmu63:5[/kitab])

4) Mengekspresikan rasa syukur, atau kesedihannya atau bentuk penyerahan diri dan penyembahannya kepada TUHAN dengan sujud dan berlutut. ([kitab]iisam12:20[/kitab]; [kitab]itawa16:29[/kitab])

5) Mengekspresikan kegembiraan dan sukacitanya karena keberadaan dan kebaikan TUHAN dengan menari sambil bernyanyi. ([kitab]iisam6:16,21[/kitab])

Kelima hal tersebut merupakan gaya hidup Daud yang telah ia lakukan sejak ia remaja hingga menjadi raja. Iman dan ketulusannya dalam mencintai TUHAN melahirkan suatu sikap penyembahan yang “out of the box” atau keluar dari kotak agama dan kebisaaan pada zaman itu.

Cinta Raja Daud kepada TUHAN telah menginspirasi banyak orang yang hidup pada zamannya bahkan menginspirasi para nabi, imam, raja dan orang-orang suci lainnya yang hidup setelah Daud.

Raja Daud adalah pahlawan “Praise and Worship” yang tetap menginspirasi setiap penyembah dan pemuja TUHAN yang sejati dari berbagai generasi bahkan hingga saat ini.

Sumber : jawaban.com l jp.simamora
Halaman :
1

Ikuti Kami