Hindari Hutang Sejak Dini!

Hindari Hutang Sejak Dini!

daniel.tanamal Official Writer
3015

Hingga saat ini masih terlalu banyak perilaku anak muda yang tidak peduli dalam hal keuangan. Dalam pikiran mereka, akan ada waktunya untuk mereka mendapatkan uang, menabung dan merencanakan masa depan mereka. Namun saat yang diharapkan itu tak kunjung datang. Bahkan hanya barisan daftar hutang yang menumpuk.

Untuk itu hindarilah segera perilaku hutang sejak dini. Berikut ada beberapa tips yang harus kamu lakukan dan hindari agar kondisi keuangan kamu terjaga dan juga terhindar dari hutang yang nantinya akan membelit kehidupanmu.

Jangan beli barang yang tidak dibutuhkan

Berhentilah membeli barang-barang menurut kata hati! Jika perlu hindarilah pergi ke mall. Sebab mall adalah sumber hutang pribadi kamu. Tidak ada alasan memanjakan diri kamu dengan membeli barang-barang bermerk yang sebetulnya tidak anda butuhkan.

Jangan terbius merek produk terkenal

Dompet adalah tempat menyimpan uang dan surat-surat penting kamu. Kacamata hitam melindungi mata kamu dari sinar matahari. Kaos menjaga kamu tetap hangat. Jika kamu selalu membayar sangat mahal untuk produk-produk tersebut demi status sosial, ‘ngetrend’ atau gaya, dibanding dengan fungsinya itu sendiri, berarti kamu dalam masalah.

Hindari pesta dan foya-foya

Potong anggaran hiburan. Jangan sering nongkrong dengan teman yang kerjaannya hanya berhura-hura setiap malam. Pesta dan foya-foya hanya akan menjerumuskan kedalam kebiasan buruk. Mabuk-mabukan dan judi adalah contoh yang sempurna dari sekian banyak kebiasan buruk, dimana anda memilih untuk menukar kesenangan jangka pendek/sesaat dengan kesengsaraan jangka panjang, yaitu hutang dan ketidaknyamanan.

Milikilah rencana anggaran

Diperlukan pembuatan rencana anggaran yang serius untuk menghilangkan hutang-hutang anda serta mulai membangun kekayaan. Jadi mulailah membuat rencana anggaran sekarang!

Jangan sia-siakan waktumu!

Mereka mengatakan “waktu adalah uang”, dan saya tambahkan disini waktu lebih berharga dibandingkan uang. Waktu adalah hal terbesar dalam kehidupan. Uang yang hilang, dapat dicari kembali, namun waktu tidak tergantikan. Jadi jika anda gagal mengatur waktu anda, maka sudah pasti anda akan gagal mengatur uang anda… dan anda akan gagal juga dalam setiap aspek kehidupan anda. Jadi fokuskan waktu dan energi anda pada hal-hal yang penting, lupakan yang lain.

 

Baca Juga Artikel lain:

Glenn Fredly Lelah Dengan Nasionalisme Kekinian

Keluarga Ini Bangun Rumahnya di Tengah Pemakaman

KNPI Sayangkan Pemuda Terlibat Terorisme

Paus Gereja Koptik Mesir Segera Terpilih

Perwakilan Gereja Ikut Berkurban di Hari Raya Idul Adha

 



Sumber : akuinginsukses.com
Halaman :
1

Ikuti Kami