Yuk Ajar Buah Hati Atur Keuangan Sejak Dini

Parenting / 1 November 2012

Kalangan Sendiri

Yuk Ajar Buah Hati Atur Keuangan Sejak Dini

Puji Astuti Official Writer
2713

Mengajarkan masalah keuangan kepada anak sejak masih kecil akan membangun dasar yang kuat bagi mereka untuk berhasil dalam keuangan di masa depan. Ajak bicara buah hati Anda tentang masalah hutang misalnya, hal ini akan membuat mereka lebih bertanggung jawab dalam penggunaan uang di masa depan.

“Tidak pernah ada alasan terlalu muda untuk mengajar anak Anda tentang uang dan hutang, selama mereka tertarik dan memiliki kemampuan untuk mengerti hal tersebut,” ungkap Erik Larson, presiden dan pendiri dari website penasihat konsumen Nextadvisor.com. “Anak-anak secara alami tertarik tentang apa yang orangtua mereka lakukan, dan tidak ada keraguan lagi bahwa mereka pernah melihat Anda membayar dengan kartu kredit.”

Menurut Erik, dengan berjalannya waktu anak-anak itu akan mencari tahu dengan sendirinya tentang penggunaan kartu kredit itu, mungkin dengan teman-temannya atau malah mencoba menggunakannya tanpa dasar pengetahuan yang benar. Hal tersebut yang membuat banyak orang di generasi ini akhirnya terjerat masalah hutang kartu kredit. Untuk itu perlu di jelaskan sejak dini apa itu kartu kredit dan bagaimana menggunakannya, serta tanggung jawab dan konsekuensi yang harus dihadapi pemiliknya.

Menurut sebuah penelitian, usia paling tepat untuk mengajar masalah keuangan kepada anak adalah umur dua hingga empat tahun. Karena apa yang mereka serap pada usia ini akan terprogram dalam hidup mereka dan menjadi cetak biru kehidupan mereka.

Bagaimana caranya?

Lakukan hal sederhana, ajar mereka menabung. Meminjam uang adalah sesuatu yang berbahaya, jadi ajarkan buah hati Anda untuk menghindari meminjam uang sebaliknya jadikan menabung menjadi sebuah gaya hidup.

Baca Juga :

7 Makanan Ajaib Pengusir Penyakit Musim Pancaroba

PDKT dengan Keluarga Pasangan

Natal dan Baksos dengan Oma Opa Panti Werdha Milenia

Chord Lagu : Indonesia Bagi Kemuliaan-Mu

Sumber : Berbagaisumber | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami