Teroris Hadang Aparat dengan Bom Ranjau di Poso

Nasional / 31 October 2012

Kalangan Sendiri

Teroris Hadang Aparat dengan Bom Ranjau di Poso

daniel.tanamal Official Writer
2922

Kelompok teroris yang kini tengah diburu aparat keamanan di Gunung Biru, kawasan Tamanjeka, Poso, Sulawesi Tengah semakin berbahaya. Kelompok itu disinyalir sengaja menanam bom ranjau untuk mencegah masuknya warga ataupun aparat keamanan yang mencoba mendekat ke tempat persembunyian mereka.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar yang menyebutkan bahwa bom ranjau tersebut masih tertanam sekitar belasan. "Mereka menanam ranjau untuk mencegah orang yang masuk ke sana. Infonya masih ada belasan. Yah bom tersebut memang sepertinya untuk melindungi diri mereka dan mencegah aparat masuk ke sana," jelasnya di Jakarta, Selasa (30/10).

Menurut Boy, kelompok di kawasan Gunung Biru itu diduga oleh kepolisian berkaitan dengan terduga teroris yang paling dicari yakni Santoso. Letak Gunung Biru sendiri sekitar 11 kilometer dari Kota Poso, lokasi dimana pada Sabtu lalu (27/10), aparat kepolisian menemukan dua bom ranjau. Bom ranjau itulah yang diyakini ditujukan kepada tim gabungan yang melakukan penyisiran.

Penyisiran sendiri dilaporkan dilakukan oleh sekitar 400 personel aparat gabungan yang melibatkan Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri, Brimob, dan TNI. Lokasi penyisiran sendiri dekat dengan tempat ditemukan dua jenazah polisi Poso, Bripka (anumerta) Sudirman dan Brigadir (anumerta) Andi Sapa yang diduga dibunuh oleh teroris.

Pemerintah dan juga masyarakat harus aktif mencegah berkembangnya ajaran dan pergerakan terorisme. Pembiaran hanya akan mengakibatkan ledakan peristiwa teror yang akan meminta korban jiwa lagi. Hanya kesadaran kolektiflah yang akan mencegah terorisme meluas.

 

 

Baca Juga Artikel lain:

Glenn Fredly Lelah Dengan Nasionalisme Kekinian

Keluarga Ini Bangun Rumahnya di Tengah Pemakaman

KNPI Sayangkan Pemuda Terlibat Terorisme

Paus Gereja Koptik Mesir Segera Terpilih

Perwakilan Gereja Ikut Berkurban di Hari Raya Idul Adha

 

 

 


Sumber : mediaindonesia - daniel tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami