Puluhan Ribu Pelajar Deklarasikan Sikap Anti Tawuran

Nasional / 29 October 2012

Kalangan Sendiri

Puluhan Ribu Pelajar Deklarasikan Sikap Anti Tawuran

daniel.tanamal Official Writer
2587

Tawuran pelajar yang sering terjadi di Indonesia terutama di ibukota Jakarta tentu meresahkan semua pihak. Bukan hanya soal keselamatan jiwa, namun lebih kepada generasi bangsa yang terancam hilang dan menimbulkan kehancuran masa depan.

Sebuah langkah untuk meretas persatuan dan menghilangkan tawuran dari dunia pendidikan dilakukan oleh para pelajar di kawasan Bantul Yogyakarta. Sebanyak 16.016 pelajar dari SMA dan SMK mendeklarasikan sikap antitawuran di Stadion Sultan Agung, Bantul, DI Yogyakarta, Senin (29/10).

Deklarasi tersebut diawali dengan upacara bendera untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, dipimpin oleh Bupati Bantul Sri Surya Widati yang menegaskan bahwa pelajar yang turut mengikuti deklarasi tersebut adalah generasi yang cinta damai dan antitawuran. Deklarasi itu juga disampaikan dengan melantunkan Panembromo (tembang berbahasa Jawa) secara kompak.

Bupati juga menilai bahwa kasus tawuran yang kian merebak pada akhir-akhir ini merupakan cermin kegagalan semua pihak. Untuk itu dirinya melihat dibutuhkannya kerjasama antarpihak terkait untuk bekerjasama membangun masyarakat pendidikan yang cinta damai.

Deklarasi dan gerakan antitawuran seperti ini seharusnya menjadi masukan kepada pemerintah agar melakukannya secara nasional dengan penerapan peraturan yang ketat mengenai tawuran. Hanya dengan kepedulian yang tinggi kepada pelajar, masa depan bangsa dapat terselamatkan.

 

 


Sumber : kompas.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami