Lily Wahid : Dimana Negara Saat Warga Dilarang Ibadah?

Internasional / 25 October 2012

Kalangan Sendiri

Lily Wahid : Dimana Negara Saat Warga Dilarang Ibadah?

Lois Official Writer
3454

Pemerintah Pusat tidak boleh membiarkan permasalahan penutupan gereja dan vihara di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam. “Kasus itu pintu masuk disintegrasi bangsa. Ini upaya sistematis untuk terjadinya disintegrasi bangsa. Kalau itu terjadi, pemerintah pusat sangat bertanggung jawab,” kata Lily Wahid, politisi Partai Kebangkitan Bangsa di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta (24/10).

Lily mengatakan pemerintah pusat seharusnya mengirim tim ke Aceh untuk berbicara dengan Gubernur NAD agar Pergub yang mengatur pendirian tempat ibadah dihapus. Jika tidak diselesaikan, menurut Lily, hal sama akan diikuti oleh kepala daerah lain. Lily menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selama ini mengabaikan hak asasi manusia untuk bebas beribadah. Dia berharap agar para pemuka agama lebih menekan Presiden. “Dimana peran negara saat warga negara dilarang beribadah di tempatnya sendiri? Ini kan negara tidak berbuat apa-apa, tidak melindungi,” pungkas Lily.

Adapun Peraturan Gubernur yang dimaksud ialah Peraturan Gubernur Aceh Nomor 25 Tahun 2007 tentang Pedoman Pendirian Rumah Ibadah. Sebuah rumah ibadah dapat memperoleh ijin jika mendapat persetujuan dari 120 orang warga sekitar dengan jumlah jemaat lebih dari 150 orang, mendapat pengesahan dari lurah, dan ada surat rekomendasi dari kantor Kementerian Agama setempat. Persyaratan membangun rumah ibadah itu dinilai amat berat, jauh lebih berat dari ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Bersama Dua Menteri yang mewajibkan ada izin dari 90 jemaat dengan dukungan 60 warga sekitar.

Seperti yang kita ketahui, NAD adalah suatu daerah dengan penduduk mayoritas Muslim, jadi sangat sulit untuk warga beragama lain mengumpulkan jemaat sebanyak itu karena tentunya tersebar ke berbagai tempat. Kita tentunya berharap dapat beribadah dengan bebas dan dilindungi oleh negara.

 

Baca Juga Artikel Populer Lainnya :

Musim Hujan Datang, Waspadai 3 Penyakit Ini

Resep Tuna Tartar Ala Chef Will Meyrick

MenemukanMu, Lagu Unik yang Perlu Anda Dengar

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Sumber : kompas.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami