Tips Merelakan Anak Menjadi Seperti Yang Mereka Inginkan

Parenting / 18 October 2012

Kalangan Sendiri

Tips Merelakan Anak Menjadi Seperti Yang Mereka Inginkan

Lestari99 Official Writer
3623

Salah satu persyaratan terberat saat menjalankan peran sebagai orangtua adalah belajar bagaimana merelakan anak Anda tumbuh dewasa dan menjadi seperti yang mereka inginkan. Banyak orangtua yang bergumul saat menghadapi hal ini, ketika anak beranjak dewasa dan mulai berubah menjadi orang lain yang tidak kita kenal. Menghadapinya tidaklah mudah namun tips berikut ini mungkin dapat membantu Anda mengatasi perasaan gundah yang kita rasakan saat merelakan mereka tumbuh dewasa, meskipun hanya sedikit.

#1 Sadarilah Bahwa Satu Hari Nanti Anak Anda Akan Berubah

Setiap kita tentu ingat bagaimana kita melalui masa remaja. Betapa kita begitu terobsesi untuk meniru seseorang yang kita kagumi. Hal yang sama terjadi pada anak-anak kita.  Mereka hanya berusaha untuk menemukan siapa mereka di luar kita, menemukan apa yang mereka sukai dan yang tidak mereka sukai. Ini adalah proses belajar yang perlu untuk mereka lalui.

#2 Kuasai Seni Berkompromi

Sepanjang mereka tidak memamerkan seluruh bagian tubuh mereka, biarkan mereka memakai apa yang membuat mereka bahagia. Bisa saja Anda menggunakan ketentuan seperti meminta mereka mengenakan pakaian yang menurut Anda sopan saat bepergian dengan Anda. Kompromi diperlukan karena Anda pun tidak ingin mereka melakukannya dengan diam-diam di belakang Anda. Dan mereka akan melakukan hal itu jika mereka merasa tidak mendapatkan kebebasan dari Anda, semanis apapun perilaku anak Anda menurut pikiran Anda. Meskipun mereka memiliki baju yang sedikit terbuka menurut pandangan Anda, beritahu anak Anda bahwa mereka dapat memiliki baju itu jika mereka juga membeli celana atau baju yang normal menurut Anda.

#3 Rambut Akan Tumbuh Kembali

Bayangkan ketika tiba-tiba rambut anak Anda berubah menjadi aneh dan itu tidak hanya terjadi sekali namun berkali-kali. Warna cat rambut maupun model rambut yang aneh bisa saja membuat Anda risih. Namun yakinkan diri Anda pada hal ini, rambut mereka akan tubuh kembali dan siapa tahu suatu saat nanti Anda justru terinspirasi dengan warna atau model rambut mereka.

#4 Apakah Hal Ini Berpengaruh Besar Pada Masa Depan Anak Anda?

Apakah obsesi dan kegilaan mereka pada musik dan artis Korea akan benar-benar mempengaruhi sisa hidup mereka? Tidak juga. Ingat saja bagaimana kita dulu tumbuh dengan musik-musik Barat seperti New Kids On The Block dan boyband lainnya.... demikian juga dengan anak-anak kita saat ini. Saat remaja, kita pun merasa bangga untuk ngefans dengan NKOTB, Michael Jackson atau Queen. Jangan rampas hal ini dari anak Anda juga.

#5 Ingatlah Anda Pernah Menjalani Usia Itu Juga

Terlalu sering orangtua lupa bahwa mereka pun pernah menjalani usia yang sedang dijalani anak-anak mereka saat ini. Tentu saja Anda mungkin berbeda, menyukai hal yang berbeda, bertindak dengan cara yang berbeda, namun Anda mengalami usia itu. Cobalah untuk mengingat bagaimana perasaan Anda saat melalui masa remaja. Kalau perlu, bersyukurlah karena anak-anak Anda tidak melakukan apa yang dulu pernah Anda lakukan dan lolos dari hal itu.

#6 Katakan Pada Anak Anda Betapa Anda Mengasihi Mereka

Anak Anda tidak akan pernah sampai pada titik yang membuat mereka memutuskan untuk tidak lagi mendengarkan Anda jika Anda mengatakan kepada mereka betapa Anda sangat mengasihi mereka. Peluk anak Anda kapanpun ada kesempatan dan katakan betapa Anda bangga kepada mereka. Jika Anda benar-benar ingin agar anak Anda mengetahui betapa Anda mengasihi mereka, Anda perlu mengatakan dan menunjukkannya melalui tindakan. Ketika anak Anda berjalan ke arah Anda dan minta dipeluk, hentikan apapun aktivitas yang Anda lakukan saat itu dan peluklah mereka. Cium mereka dan katakan betapa Anda mencintai mereka.

Mari selalu berharap agar anak-anak kita bertumbuh tanpa pernah meragukan kasih sayang kita kepada mereka. Mungkin saja kita tak selalu suka dengan apa yang mereka lakukan atau apa yang mereka pakai.... namun ingatlah bahwa kita pun pernah melalui hal-hal serupa. Jika anak Anda dapat bersabar kepada Anda, Anda pun seharusnya dapat bersabar kepada mereka dengan terus mendemonstrasikan kasih tanpa syarat.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : more4kids.info
Halaman :
1

Ikuti Kami