SBY Batalkan Vonis Mati Terpidana Narkoba  Karena Tuhan

Nasional / 12 October 2012

Kalangan Sendiri

SBY Batalkan Vonis Mati Terpidana Narkoba Karena Tuhan

Lois Official Writer
2886

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengurangi hukuman mati terhadap kasus narkoba Deni Setia Maharwan alias Rafi menjadi hukuman seumur hidup dengan mengeluarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 7/G/2012 yang ditandatangani pada 25 Januari 2012 lalu. Pakar hukum Tata Negara Margarito menjelaskan hak konstitusional yang melekat pada presiden, sehingga siapa pun tidak bisa mengintervensi.

Hal ini bertolak belakang dengan semangat pemerintah dalam memberantas peredaran gelap narkoba dengan visi Indonesia Bebas Narkoba Tahun 2015. “Saya meminta kepada presiden, agar janganlah menggunakan khusus itu dalam kasus narkoba ini. Saya tahu pemberian grasi itu kewenangan khusus buat presiden. Tapi itu digunakan atau tidak sepenuhnya oleh presiden, hak Beliau. Tapi saya meminta agar semangat pemberantasan narkoba terjaga, janganlah presiden menggunakan kewenangan itu,” kata Margarito saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (12/10).

Bila lembaga peradilan tidak menjatuhkan hukuman mati untuk gembong-gembong narkoba, tentu saja akan menimbulkan pertanyaan dari masyarakat tentang keseriusan pemerintah dalam memberantas narkoba.

Menanggapi hal ini, juru bicara kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, menyatakan SBY memperhatikan pertimbangan MA sebelum memberikan grasi. “Dari sisi kemanusiaan, perubahan hukuman mati menjadi hukuman seumur hidup bukan berarti yang terhukum bebas,” katanya. “Ini masih pantaslah. Meskipun tidak ada yurisprudensi, tetapi hukuman mati terhadap seseorang itu urusan Tuhan untuk menjatuhkan,” katanya lagi.

Pembatalan hukuman mati ini punya dua sisi wajah. Satu sisi, masyarakat maupun beberapa pihak lainnya merasa dirugikan. Bagaimana jika penjeratan gembong narkoba lainnya dilakukan dan ternyata dijatuhi hukuman ringan begitu saja? Di sisi lain, hukuman mati memang urusan Tuhan dan apakah manusia boleh memutuskan hukuman mati? Bagaimana menurut Anda?

 

Baca Juga :

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Tegar Di Masa Sulit

Restoration, Album Terbaru Adon yang Penuh Inspirasi

Buat Rainbow Cake Sendiri Yuk, Ini Resepnya

Obat Jerawat Paling Ampuh Yaitu Virus yang Ada di Wajah

Usaha Bangkrut, Hubungan Suami Istri Hancur?

Sumber : tribunnews.com-vivanews.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami