Musim Hujan Datang, Waspada 3 Penyakit Utama Ini

Fit & Charming / 12 October 2012

Kalangan Sendiri

Musim Hujan Datang, Waspada 3 Penyakit Utama Ini

Lois Official Writer
7844

Musim hujan sudah mulai datang di bulan Oktober ini. Perubahan musim pun mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Tidak hanya flu, diare, dan DBD yang menyerang, ada juga penyakit lainnya yang perlu kita waspadai. Menurut dr. Eleonora Mitaning Christy dari Klinik Barnabas, Pamulang, Tangerang Selatan, ada tiga penyakit utama yang harus diwaspadai selama musim hujan yaitu :

Leptospirosis

Atau yang dikenal dengan penyakit kencing tikus, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Leptospira sp. yang ditularkan dari hewan kepada manusia dan sebaliknya. Bakteri ini mudah berkembang biak pada lingkungan becek, berlumpur, dan kotor. Urine dari individu yang terkena penyakit ini merupakan sumber utama penularan.

Jika timbul flu seperti nyeri tenggorokan, batuk, dan sakit kepala. Selain itu, kulit dan mukosa berwarna kuning, nyeri pada otot betis, sampai gangguan yang lebih berat lagi pada hati, paru-paru, ginjal, dan timbul pendarahan segera ke dokter.

Cikunguya

“Penyakit ini disebabkan oleh virus cikunguya yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti kepada manusia. Gejalanya seperti demam mendadak, nyeri pada persendian, terutama sendi lutut, pegelangan, jari kaki dan tangan serta tulang belakang, serta ruam (kumpulan bintik-bintik kemerahan) pada kulit,” papar dr. Mitaning. Gejala lainnya nyeri otot, sakit kepala, menggigil, kemerahan pada selaput mata, pembesaran kelenjar getah bening di bagian leher, mual, muntah, dan kadang disertai gatal pada ruam. Nyeri sendi merupakan gejala yang menonjol.

Penyakit cikunguya merupakan self limiting disease sehingga pemberian obatnya bersifat simtomatis, seperti obat anti nyeri dan penurun panas. Jika dalam 2-3 hari belum membaik, segera ke dokter atau rumah sakit. Setelah penderita sembuh, rasa nyeri pada sendi masih terasa hingga beberapa minggu, setelah itu akan hilang dan tidak menimbulkan kelumpuhan.

Penyakit Kulit

Kutu air adalah penyakit yang kelihatannya sepele tapi sangat mengganggu dan memalukan. Perhatikan sela-sela jari kaki Anda. Jika ada pengelupasan atau kerusakan di bagian tersebut yang disertai dengan rasa nyeri, gatal, berbau, dan juga panas seperti terbakar maka kemungkinan besar Anda terjangkit. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi jamur umumnya jenis Trycophyton yang banyak ditemukan di lingkungan yang lembap dan basah. Tempat-tempat seperti lantai pusat kebugaran, ruang ganti baju, kolam renang, salon yang menyediakan jasa pedicure, dan sebagainya. Infeksi jamur dapat terjadi di semua bagian tubuh, termasuk lengan, kaki, tangan, area lipatan payudara, selangkangan, dan area tertutup lainnya.

Sebagai pengobatan pertama, gunakan salep yang mengandung anti jamur miconazole, clotrimazole, atau cetoconazol. Jamur bisa berkurang atau hilang sama sekali dalam waktu 3-5 hari namun sebaiknya pengobatan dilanjutkan 1-2 minggu. Jika daerah kulit yang terkena jamur tersebut tidak kunjung membaik, bengkak, kemerahan, bahkan berdarah, segera konsultasi ke dokter.

Perhatikan kesehatan selama musim hujan berlangsung, karena akan menghambat aktivitas kita jika kesehatan memburuk. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi sehingga tubuh sehat terjaga.

 

Baca Juga :

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Tegar Di Masa Sulit

Restoration, Album Terbaru Adon yang Penuh Inspirasi

Buat Rainbow Cake Sendiri Yuk, Ini Resepnya

Obat Jerawat Paling Ampuh Yaitu Virus yang Ada di Wajah

Usaha Bangkrut, Hubungan Suami Istri Hancur?

Sumber : femina.co.id by lois horiyanti
Halaman :
1

Ikuti Kami