Haiti Canangkan Pajak Dosa untuk Biaya Pendidikan

Nasional / 10 October 2012

Kalangan Sendiri

Haiti Canangkan Pajak Dosa untuk Biaya Pendidikan

daniel.tanamal Official Writer
2743

Setiap negara punya kebijakan unik dan tidak biasa untuk membenahi berbagai sektor yang dianggap vital bagi pembangunan negara. Seperti di Haiti, pemerintah disana kini mencanangkan program pajak dosa (sin tax) yang hasilnya nanti akan digunakan untuk sektor pendidikan.

Kebijakan ini dicanangkan Perdana Menteri Haiti Laurent Lamothe pada Senin (8/10), yang bertujuan meraih dana sebesar 100 juta dollar AS guna membiayai sektor pendidikan. Pajak dosa atau sin tax sendiri adalah pajak yang dikenakan oleh pemerintah pada barang atau jasa yang secara moral dianggap tidak layak dikonsumsi. 

Kebijakan yang unik ini akan dilaksanakan jika mendapatkan persetujuan dari parlemen. Dampak dari pajak dosa ini akan dipakai untuk membangun 200 sekolah baru, renovasi atas 2.000 sekolah, serta biaya pelatihan dan peningkatan kesejahteraan untuk para guru mulai dari tingkat SD sampai universitas.

Pajak dosa ini sendiri akan dikenakan pada penjualan rokok/tembakau, alkohol, dan judi. Satu hal yang menjadi catatan adalah nilai pajaknya begitu tinggi karena jenis penjualan tersebut dianggap amoral. Selain itu pajak ini sendiri bertujuan untuk menekan jumlah pengkonsumsinya.

Pajak dosa dapat menjadi satu solusi untuk digunakan negara membenahi sektor vital sekaligus menekan hal negatif di masyarakat. Indonesia sendiri seharusnya dapat mencanangkan kebijakan ini untuk pemerataan pendidikan dan menekan tingkat pola hidup negatif di masyarakat yang tinggi tingkat pemakai alkohol, konsumsi rokok dan permainan judi.

 

 

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami