Puluhan Ribu ABG Indonesia Jadi Korban Human Trafficking

Nasional / 3 October 2012

Kalangan Sendiri

Puluhan Ribu ABG Indonesia Jadi Korban Human Trafficking

daniel.tanamal Official Writer
3780

Sebuah data mencengangkan dipaparkan Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak dengan fakta banyaknya ribuan remaja perempuan Indonesia yang menjadi korban perdagangan seksual setiap tahun. Menurut Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait pihaknya telah melakukan investigasi di beberapa wilayah.

“Jalurnya, Batam, Nagoya, Tanjung Balai Karimun, Singapura lebih dekat. Kalau sudah kesitu sulit langsung diselidiki. Singkawang juga. Dibawah 18 tahun perempuan, dan per tahun bisa 40-70 ribu setahun, mempekerjakan, prostitusi, pembantu, korban perdagangan manusia seksual komersial. Belum lagi bicara narkoba, anak remaja jadi sasaran,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (03/10). 

Pihaknya menambahkan bahwa perdagangan seksual itu sudah berupa sindikat karena ada dugaan transaksi suap dalam pihak keimigrasian. Tercatat tiap tahunnya sebanyak 40 ribu hingga 70 ribu remaja perempuan di Indonesia menjadi korban sindikat perdagangan seksual.

Untuk itu Arist mendesak agar pihak berwenang berani untuk membongkar kasus ini secara menyeluruh. “Polisi harus berani membongkar ini, karena yang namanya sindikat pasti ada permainan di dalamnya, ada tukang ojek, warung, imigrasi, pedagang, dan ada suap disitu,” ungkapnya.

Keberlangsungan suatu bangsa bergantung dari kemajuan dan perkembangan generasi mudanya. Bercermin dari fakta diatas, sudah seharusnya semua pihak mau berbuat sesuatu untuk menjaga generasi dan masa depan dengan keberanian dan kebenaran.

 

 

 


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami