10 Partai Politik Kristen Berkumpul di PGI Siang Ini

Nasional / 25 September 2012

Kalangan Sendiri

10 Partai Politik Kristen Berkumpul di PGI Siang Ini

Budhi Marpaung Official Writer
6978

Pemandangan yang cukup berbeda terlihat di kantor Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Jl Salemba Raya nomor 18, Jakarta Pusat, Selasa (25/9) siang ini. Sejumlah politikus dan perwakilan dari 10 partai politik Kristen tampak berkumpul bersama membahas mengenai rumusan persatuan partai guna menghadapi pemilihan umum (Pemilu) 2014 mendatang.

Adapun 10 perwakilan partai politik yang hadir adalah Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Kristen Indonesia (Parkindo), Partai Katolik, Partai Kristen Demokrat, Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI), Partai Demokrasi Kristen Nasional, Partai Demokrasi Kasih Bangsa, Partai Anugerah Demokrat, Partai Kemerdekaan Rakyat dan Partai Kristen Nasional.

Selain persatuan partai, pertemuan itu juga digelar untuk pembentukan forum komunikasi dan koordinasi para aktivis Kristen. Bila perumusan lancar, mereka akan meleburkan diri dalam satu partai saja, yakni PDS.

"Kemungkinan ada 15 partai yang lolos verifikasi dan tanggal 5 September kemarin sudah daftar di KPU pusat. Jika PDS lolos dalam verfikasi MK, maka ada kesempatan bagi kita untuk maju," ujar Ketua Umum PDS Denny Tewu di lokasi, Selasa (25/9).

Walau telah direncanakan sejak lama, diskusi pembahasan peleburan ini tetap berjalan alot. Pasalnya, perwakilan-perwakilan partai masih menginginkan adanya konsep yang jelas soal kompensasi yang diterima parpol-parpol kecil yang dileburkan ke PDS.

Pada pemilu 2009 lalu, PDS meraih 1.541.592 suara atau 1,48 persen dari total perolehan suara. Oleh karena prosentase raihan suara kurang dari 2,5 persen sebagaimana yang dipersyaratkan oleh aturan ambang batas pemilu (electoral threshold), PDS akhirnya kehilangan semua kursi dalam Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Baca juga :

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Karena Terbiasa

Forum JC : Kopdar September Ceria (29 September 2012) 

Untuk Para Suami : Etika Berteman Dengan Lawan Jenis

Sumber : detik.com, wikipedia / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami