100 Hari Kerja, Jokowi-Ahok Tambah 1000 Armada Transjakarta

Nasional / 22 September 2012

Kalangan Sendiri

100 Hari Kerja, Jokowi-Ahok Tambah 1000 Armada Transjakarta

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2965

Dari hasil perhitungan cepat beberapa lembaga survei diketahui bahwa pasangan calon Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama berhasil mengungguli rival mereka. Menanggapi hal itu, mereka pun telah mempersiapkan target kerja pencapaian dalam 100 hari kepemimpinan mereka. Basuki mengungkapkan, ia dan Jokowi akan banyak terjun langsung ke bawah.

"Kami menargetkan warga Jakarta bisa merasakan pelayanan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang melayani masyarakat. Selain itu, masyarakat juga harus mengetahui transparansi anggaran," kata Basuki, seperti dikutip dari laman Kompas, pada Sabtu (22/9).

Basuki menuturkan, dia dan Jokowi akan mengkaji rencana pemakaian baju daerah untuk Pegawai Negeri Sipil Balaikota. "Misalnya saja hari Jumat pakai batik nasional, hari Sabtu pakai jeans bebas, hari Kamis pakai pakaian daerah. Memakai pakaian daerah itu ada peraturannya, loh. Kemudian, Senin pakai seragam linmas, Selasa Rabu pakai seragam cokelat. Baju seragam Pemda itu seharusnya bisa murah," ungkapnya.

Pelayanan kesehatan dan pendidikan pun menjadi salah satu prioritas mereka. "Diharapkan tidak akan ada lagi pungutan-pungutan liar dan ijazah yang ditahan oleh pihak sekolah karena ketidakmampuan membayar uang sekolah. Pejabat pemerintah yang tidak bisa mengikuti pola pelayanan masyarakat akan ditindak tegas seperti yang dilakukan Pak Jokowi di Solo," kata Basuki.

Dalam mengatasi kemacetan di Jakarta, akan dilakukan penyempurnaan transportasi makro. "Tapi yang lebih penting kami lakukan dalam waktu dekat mungkin menyatukan Deputi Gubernur dari tata ruang dengan perhubungan. Kami sedang mengkaji apakah Dinas Perhubungan harus disatukan dengan Dinas Pekerjaan Umum," kata pria yang akrab disapa Ahok itu.

Proyek-proyek lainnya di bidang transportasi seperti monorail dan Mass Rapid Transit (MRT) juga akan dilanjutkan. "Akan dilakukan penyempurnaan supaya lebih cepat terealisasi. Termasuk soal investor yang terlibat dalam proyek-proyek tersebut. Kami akan kaji kemampuan dan keuangan. Untuk MRT khususnya, membutuhkan trasparansi. Apakah teknologinya seperti itu atau tidak, itu yang akan kita lakukan," katanya.

Selain itu, Jokowi-Basuki juga akan menambah 1.000 bus Transjakarta agar target peningkatan penumpang setiap tiga menit bisa tercapai. Pihaknya juga akan bekerjasama dengan pihak swasta.

Di bidang ekonomi, pasar tradisional akan diperbanyak. "Beberapa lahan akan digunakan untuk membangun pasar tradisional yang jumlahnya masih kurang," kata Basuki.

 

Sumber : kompas/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami