Tips Aman Konsumsi Buble Tea

Solusi Sehat / 18 September 2012

Kalangan Sendiri

Tips Aman Konsumsi Buble Tea

Budhi Marpaung Official Writer
6414

Siapa yang tidak kenal dengan Buble Tea? Minuman dingin menyegarkan dengan bola-bola hitam kenyal yang menggugah selera. Namun, penelitian terbaru yang dirilis beberapa pekan lalu mengejutkan para pecinta Buble Tea di seluruh dunia. Minuman yang berasal dari Taiwan ini dinyatakan mengandung zat berbahaya bagi tubuh manusia.

Para peneliti University Hospital Aachen menunjukkan bahwa buble atau bola-bola kecil berwarna hitam dalam minuman Buble Tea bersifat karsinogen (racun). Mereka menduga buble mengandung polychlorinated biphenyls (PCB), seperti stirena, asetofenon dan zat brominated. Menurut peneliti sekaligus ilmuwan Manfred Moller, zat-zat itu sangatlah berbahaya sehingga tidak boleh dimasukkan ke dalam makanan meskipun dalam presentasi kecil.

Namun bagi Anda para pecinta Buble Tea, Anda tidak perlu kecewa karena sesungguhnya Anda tetap bisa menikmati minuman ini tanpa harus kuatir akan kemungkinan terserang kanker yang diklaim mengintai di balik minuman buble.

Berikut tips aman apabila Anda ingin mengonsumsi Buble Tea :

1.Membuat bubble tea sendiri. Sebagaimana diungkapkan Chef Ragil kepada vivanews, pembuatan bola-bola kenyal dalam minuman modern itu sangatlah praktis dan tidak memerlukan campuran bahan kimia berbahaya. Pria tambun itu menyatakan bahwa biasanya ia mengolah buble dari tepung tapioka berpadu pewarna buatan. Persis seperti resep yang tertulis di laman komunitas pecinta masak Natural Cooking Club.

2.Perhatikan kemasan yang menyertakan label dari BPOM ataupun Kementerian Kesehatan. Jika Anda memang harus membeli buble siap saji di pasaran, perhatikan penanda sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau Departemen Kesehatan (Depkes). Apabila Anda melihat bahwa buble siap saji itu tidak tercantum izin resmi lembaga-lembaga itu maka janganlah membelinya.

3.Belilah di tempat penjualan yang Anda yakin bahwa penjualnya memerhatikan kualitas produk yang dijualnya. Harga memang tidak selalu menunjukkan mutu. Namun tidak disarankan untuk membeli buble di tempat-tempat penjualan yang ada di pinggir jalan maupun pasar-pasar dengan harga yang sangat murah meskipun memiliki tampilan menggiurkan.

Anda adalah penanggungjawab utama bagi kesehatan Anda sendiri sehingga sudah seharusnyalah Anda peduli dengan apa yang Anda konsumsi. Bersikap cuek dengan apa yang Anda makan atau minum hanya akan menciptakan resiko bagi kesehatan tubuh Anda sendiri. Jadi apabila Anda ingin tetap sehat dan bugar, perhatikan segala hal yang Anda konsumsi setiap hari termasuk saat mengkonsumsi Buble Tea.

Baca juga :

Forum JC : Kopdar September Ceria (29 September 2012)

Solusi Tepat Mengatasi Kecanduan Gula

Mantra Paranormal

Chord Lagu : Afterlife (by Switchfoot)
Sumber : viva.co.id, id.she.yahoo.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami