Penelitian : Sperma Buat Perempuan Lebih Susah Berpaling

Nasional / 16 September 2012

Kalangan Sendiri

Penelitian : Sperma Buat Perempuan Lebih Susah Berpaling

Lois Official Writer
7845

Menurut sebuah penelitian, diketahui bahwa kontak tubuh wanita dengan sperma bisa mengubah gen perempuan tersebut. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B ini menunjukkan bahwa protein yang di dalam sperma itulah yang bisa mengubah gen perempuan. Perubahan itu bisa terjadi kapan saja, di bagian tubuh mana saja. Efeknya begitu bervariasi.

Efek ini baru diketahui saat para peneliti mengamati proses perkawinan pada lalat buah, yang juga sangat mungkin berlaku bagi manusia. Dalam pengamatan tersebut, lalat betina mengalami perubahan pola makan, siklus bertelur, dan perilaku lainnya. Pada manusia, perubahan ini bisa menguntungkan laki-laki. Salah satu perubahan perilaku perempuan yang diyakini adalah beberapa perempuan jadi susah berpaling dari pasangannya.

Menurut Prof. Tracey Chapman dari University of East Anglia seperti dikutip Dailymail, sperma menjadi master regulator, yaitu bisa mempengaruhi berbagai perubahan genetik pada perempuan yang dampaknya sangat luas. Pada daya tahan tubuh, perubahan itu diyakini bisa mencegah penularan infeksi penyakit. Bahkan dalam kaitannya dengan proses pembuahan, bisa membuat sistem reproduksi wanita jadi lebih selektif dan menolak sperma yang bukan dari pasangannya.

Penelitian ini bisa dibilang merupakan alasan mengapa kita perlu melakukan hubungan intim setelah menikah saja, dan bukannya sebelumnya. Jika setelah menikah melakukan hubungan intim, tubuh wanita akan ‘mengenali’ sperma pasangannya dan itu membuat mereka benar-benar jadi satu. Tubuh wanita itu akan menerima dan mengenali sperma pasangannya. Bayangkan jika belum menikah, seorang wanita telah melakukan hubungan intim dengan seorang laki-laki, bahkan mungkin lebih dari seorang. Berapa lelaki yang terikat kepadanya secara emosi sebelum dia juga terikat pada suaminya?

 

Baca Juga :

Terobsesi dengan Bersih, Juga Tidak Baik

Inggris Berhasil Lelang Alkitab Elvis Presley Rp 900 Juta

Resep Ikan Kakap, Makanan Kesukaan Cristiano Ronaldo

Kematian Hoax 12 Artis di Tahun 2012 yang Menghebohkan

Film : I Am Gabriel...Ketika Tuhan Mengutus Malaikat-Nya

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami