Biodata Chris Stevens, Dubes AS Untuk Libya yang Tewas

Nasional / 14 September 2012

Kalangan Sendiri

Biodata Chris Stevens, Dubes AS Untuk Libya yang Tewas

Lois Official Writer
3282

Siapakah sesungguhnya duta besar Amerika untuk Libya yang tewas diamuk massa akibat film Innocence of Muslims, film yang menghina umat Islam yang diperkirakan dibuat oleh orang Amerika tersebut? Nama lengkap dubes ini adalah J. Christopher Stevens.

Sejak April 2011, dia datang dengan kapal Yunani dan tiba di Benghazi, Libya. Saat itu terjadi pemberontakan di Libya untuk menggulingkan tampuk kekuasaan yang ada pada saat itu yang dipimpin oleh Muammar el-Qaddafi. Stevens (52) beserta tiga pegawai kedubes lainnya meninggal saat massa menyerang.

Dia menjadi duta besar Amerika yang meninggal dunia untuk pertama kalinya di Libya. “Sangat tragis bahwa Chris Stevens meninggal di Benghazi,” kata Presiden Obama di Gedung Putih, Rabu (12/9) “Karena itu adalah kota yang dia coba untuk memberikan pertolongan.” lanjut Obama.

Stevens fasih berbahasa Arab dan dikenal oleh para diplomat. “Gambaran tentang dia bukanlah tentang para duta besar yang pergi ke pesta-pesta,” kata Jeffrey D. Feltman, mantan asisten sekretaris negara yang pernah bekerja sama dengannya. Dia datang dengan antusiasme ke Libya agar negara tersebut bisa bebas.

Bagi yang mengenalnya, Stevens sangat mudah bergaul, bisa selalu dicari, punya pengertian yang dalam tentang kebudayaan dan politik Arab ketika dia menjadi sukarelawan di Peace Corps, mengajar Inggris di Gunung Atlas, Moroko. Sayangnya, duta besar yang berwarga negara California ini sudah tidak bisa lagi membela Libya, negara yang dibelanya selama ini.

 

Baca Juga :

Terobsesi dengan Bersih, Juga Tidak Baik

Inggris Berhasil Lelang Alkitab Elvis Presley Rp 900 Juta

Resep Ikan Kakap, Makanan Kesukaan Cristiano Ronaldo

Sejumlah Artis Akan Meriahkan Pembukaan PON 2012

Chord Lagu : Matt Crocker (Hillsong) - I Surrender


Sumber : ndtv.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami