LIRa : Dari 54 Arena PON Riau 2012 Hanya 6 yang Layak Pakai

Nasional / 11 September 2012

Kalangan Sendiri

LIRa : Dari 54 Arena PON Riau 2012 Hanya 6 yang Layak Pakai

Lois Official Writer
2461

PON Riau 2012 XVIII akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Pekanbaru, Riau hari ini. Namun, menurut Direktur Lembaga Hukum dan Advokasi Lumbung Informasi Rakyat (LIRa) Desmaniar, Stadion Utama Riau yang akan dipakai untuk upacara pembukaan dan penutupan, belum memiliki SLO. “Ini merupakan tindak pelanggaran hukum, terkait undang-undang perlindungan konsumen maupun terkait ketenagalistrikan,” katanya.

Bahkan, dari 54 arena pertandingan PON yang telah difungsikan, hanya enam yang laik beroperasi. Selebihnya belum bisa dinyatakan laik karena belum ada sertifikasi laik operasi atau SLO. Keenam venue itu adalah arena senam, anggar, atletik, bulu tangkis, bola voli indoor, dan gulat.

Namun penilaian LIRa itu nampaknya tak terlalu dihiraukan oleh panitia PON. Dasril Anwar, Ketua Tim Pengawas dan Pengarah Bidang Upacara dan Transportasi Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat mengatakan yang bisa menentukan layak atau tidaknya sebuah arena pertandingan hanyalah technical delegate masing-masing cabang dan bukan yang lain. “Technical delegate sudah menyatakan seluruh arena bisa dipakai.” katanya.

Pembukaan PON Riau 2012 yang baru hari ini diadakan itu memang dikarenakan menunggu kehadiran Presiden SBY yang harus menghadiri pertemuan tingkat tinggi APEC 2012 di Rusia, meski PON 2012 sudah berlangsung sejak 5 September 2012 yang lalu. Menteri Olahraga Andi Mallarangeng mengakui bahwa persiapan PON Riau 2012 kali ini lebih minimalis daripada sebelumnya namun fungsional. Untuk wisma atlet, Andi juga mengakui masih ditemui beberapa kekurangan.

PON ke-18 yang diikuti oleh 6.515 atlet ini memang terkesan mendadak pembuatannya, hal yang serupa terjadi saat SEA Games 2011 berlangsung di Palembang, Sumatera Barat. Kedua event olahraga yang terkait kasus korupsi ini menyebabkan kurangnya persiapan. Namun yang pasti, dukung daerah Anda masing-masing.

 

Baca Juga :

Inggris Berhasil Lelang Alkitab Elvis Presley Rp 900 Juta

Resep Ikan Kakap, Makanan Kesukaan Cristiano Ronaldo

Sejumlah Artis Akan Meriahkan Pembukaan PON 2012

Chord Lagu : Matt Crocker (Hillsong) - I Surrender

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami