Perbandingan Ekonomi di Antara Negara KTT APEC

Nasional / 7 September 2012

Kalangan Sendiri

Perbandingan Ekonomi di Antara Negara KTT APEC

Lois Official Writer
3893

KTT APEC tahun ini berlangsung di Pulau Russky, Rusia Timur Jauh Vladisvostok dimana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah datang beberapa hari yang lalu. Adapun KTT APEC kali ini telah berlangsung pada Rabu-Kamis (5-6/9) untuk tingkat menteri dan Sabtu Minggu (8-9/9) untuk pertemuan puncak. Berikut ini adalah sekitar perekonomian yang berlangsung di negara-negara anggota KTT APEC, yaitu :

Amerika : Jumlah warga miskin Amerika Serikat yang kekurangan makanan semakin bertambah. Mengutip data dari Departemen Pertanian AS, Reuters mengungkapkan bahwa pada 2011 jumlah warga miskin yang kekurangan pangan mendekati 17 juta jiwa. Ini berarti mereka setiap hari tidak bisa makan secara rutin karena kekurangan uang untuk membeli makanan. Mereka pun mengandalkan kupon makan yang dijatah oleh pemerintah, seperti yang dirilis viva.

Australia : Dirilis oleh kontan, pertumbuhan ekonomi Australia melambat di kuartal kedua. Penyebabnya adalah penurunan permintaan barang tambang dan perlambatan konsumsi dalam negerinya yang memang merupakan penggerak utama ekonomi di sana. Australia hanya tumbuh 3.7% selama April ke Juni 2012, turun dari angka pertumbuhan 4.3% pada periode yang sama tahun lalu. Demikianlah diungkapkan oleh Shane Oliver, Kepala Ekonom AMP Capital Investors.

Brunei Darussalam : Brunei adalah negara yang kecil dan kaya. Ekonominya hampir tergantung kepada ekspor minyak mentah dan gas asi.  Brunei adalah pengeluar minyak yang ketiga terbesar di Asia Tenggara, menurut wikipedia. Brunei mengambil langkah memainkan peranan utama dalam APEC dengan menjadi pengurus pada tahun 2000.

China : Kesuksesan ekonomi China telah menyita seluruh dunia dengan pertumbuhan ekonomi mencapai dua digit dalam tiga dekade terakhir. Namun, di tahun 2012, pemerintah China menurunkan target pertumbuhan ekonominya menjadi 7.5%. Krisis utang Eropa ikut mempengaruhi perekonomian China, khususnya di sektor keuangan dan pasar perdagangan.

Chili : Menteri Keuangan Chili Felipe Larrain mengatakan krisis Eropa menyebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi di negaranya. Namun, dia meyakini perekonomian Chili akan terus meningkat karena ekonomi domestik terus tumbuh dan bisa menciptakan lapangan kerja.

Filipina : Dirilis laman rri.co.id, Filipina menyatakan pada Kamis (30/8) bahwa pertumbuhan ekonominya pada kuartal kedua, terlihat pertumbuhan sebesar 6.1 persen akibat sektor jasa yang kuat.

Jepang : Produk domestik bruto Jepang hanya tumbuh 1.4 persen pada kuartal kedua. Pencapaian itu di bawah prediksi para ekonom yang dihimpun Bloomberg yakni sebesar 2.3 persen, demikianlah yang dirilis kompas.com. Padahal di kuartal I 2012, Jepang masih bisa tumbuh 5.5%.

Kanada : dirilis financeroll.co.id, pertumbuhan Kanada lebih cepat dari yang diperkirakan padahl belanja konsumen sedikit meningkat dan ada pula ekspor bersih yang menjadi penghambat. Produk domestik bruto meningkat 0.5% per kuartal. Penyebab utama peningkatan ekonomi Kanada yaitu tersedianya bisnis, belanja pemerintah turun, dan permintaan akhir domestik tumbuh.

Bersambung ke : Perbandingan Ekonomi di Antara Negara KTT APEC II

 

Baca Juga :

Chord Lagu : Toby Mac - Me Without YOU

Porsi Hobi VS Porsi Pelayanan

Telepon Genggam Jauh Lebih Jorok Daripada Toilet

Kekalahan Iblis dalam Peperangan

Forum : Antara Suka - Sayang - Cinta

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami