Tanggul Raksasa Janji Foke Atasi Banjir Jakarta

Tanggul Raksasa Janji Foke Atasi Banjir Jakarta

Lestari99 Official Writer
3213

Bappeda DKI Jakarta melalui video yang diunggah di situs You Tube memaparkan program kerja Fauzi Bowo (Foke) dan pendampingnya, Nachrowi Ramli (Nara) jika terpilih di pemilukada 2012. Video tersebut secara gamblang memaparkan strategi Foke-Nara dalam mengatasi banjir dan macet di Jakarta.

Dalam video tersebut, berikut beberapa janji Foke bagi masa depan Jakarta:

1. Atasi [kamus]banjir rob[/kamus] dengan pembangunan tanggul raksasa di tepi laut Jakarta, untuk menghalau air laut ke daratan. Tanggul raksasa setinggi enam meter ini memiliki fungsi tidak hanya sebagai pelindung pantai utara Jakarta tapi juga sebagai waduk penyimpan air bersih yang mampu mengakomodasi air bersih sebanyak satu miliar meter kubik, untuk menjamin kebutuhan air bersih masyarakat Jakarta sampai tahun 2080.

2. Pembangunan jalan tol baru selebar enam jalur dan Mass Rapid Transportation (MRT) dua jalur, yang nantinya dapat melintas di atas tanggul raksasa di laut Jakarta.

3. Membangun jembatan setinggi 100 meter dari permukaan laut sepanjang 1 kilometer agar dapat dilalui kapal laut dari dan menuju pelabuhan Tanjung Priok.

4. Pembuatan waduk pengolahan air buangan dari 10 zona daratan Jakarta. Air olahan tersebut akan masuk ke dalam waduk seluas 10 ribu hektare, sebagai cadangan air baku Jakarta.

Master plan program kerja ini sangatlah baik bila dilihat di atas kertas. Namun apakah blue print ini dapat terealisasi dalam pemerintahan Foke mendatang? Lima tahun memimpin Jakarta, belum ada langkah signifikan yang dirasakan warga Jakarta atas kinerja Pemkot DKI dalam mengatasi macet dan bajir.

Mengumbar janji-janji pembangunan yang lebih baik menjadi hal yang biasa dilakukan oleh para calon pemimpin menjelang Pemilukada. Namun merealisasikan apa yang dijanjikan masih menjadi hal yang dinantikan warga Jakarta demi masa depan ibukota tercinta ini.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

 


Sumber : Inilah.com
Halaman :
1

Ikuti Kami