Status Siaga, Gunung Soputan Sehari Meletus Tiga Kali

Nasional / 27 August 2012

Kalangan Sendiri

Status Siaga, Gunung Soputan Sehari Meletus Tiga Kali

Puji Astuti Official Writer
3085

Hanya dalam satu hari Gunung Soputan yang berada di Provinsi Sulawesi Utara telah tiga kali meletus dan memuntahkan lava serta abu vulkanik. Letusan awal terjadi pada Minggu (26/8) malam sekitar pukul 19.30 WITA, dan kedua sekitar pukul 22.00 Wita, dan yang ketiga hingga jelang pukul 00.00 Wita, Senin (27/8).

Walau letusan cukup kuat dan semburan lahar panas terlihat hingga pos pemantauan, namun hingga saat ini warga masih belum diperintahkan untuk mengungsi karena masih dianggap belum membahayakan.

"Gunung Soputan meletus, dengan ketinggian asap letusan mencapai 5.000 meter dari puncak. Asap letusan tertiup angin ke arah Utara. Hujan abu cukup tebal berpotensi di bagian utara," demikian pernyataan Kepala Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho yang dikutip oleh Tribunnews.com Minggu (26/8).

Sekalipun warga masih dalam kondisi aman, status Gunung Soputan telah dinaikkan dari Waspada menjadi Siaga. Selain itu, warga juga dilarang beraktivitas dalam radius 6 kilometer dari puncak gunung. Gunung Soputan ini telah berstatus waspada sejak tahun 2011, letusan terakhir terjadi pada 3 Juni 2011, saat itu Bandara Sam Ratulangis, Manado harus ditutup karena abu tebal menutupi wilayah kota Manado. Mari berdoa agar letusan gunung berapi Soputan ini tidak berdampak besar apa lagi menimbulkan bencana alam bagi kota Manado dan sekitarnya.

Baca Juga :

Trip To Green Canyon On October 2012

3 Jurus Jitu Memberantas Kebosanan dalam Hubungan Suami Istri

Rahasia Tangan Sang Pematung

Sumber : Tribunnews.com | Metrotvnews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami