Neil Amstrong, Manusia Pertama di Bulan Tutup Usia

Nasional / 26 August 2012

Kalangan Sendiri

Neil Amstrong, Manusia Pertama di Bulan Tutup Usia

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3678

Neil Alden Amstrong, manusia pertama menginjakkan kaki di bulan tutup usia pada Sabtu (25/8) waktu setempat dalam usia 82 tahun. Pihak keluarga menyatakan, Armstrong meninggal dunia karena penyakit jantung yang dideritanya setelah sempat menjalani operasi bypass jantung pada awal bulan Agustus ini.

Armstrong berusia 38 tahun saat menginjakkan kaki di bulan. Saat ia menginjak permukaan berdebu, Armstrong mengatakan kalimat yang sangat legendaris, "Inilah sebuah langkah kecil bagi (seorang) manusia, satu langkah besar bagi kemanusiaan."

Yang menarik dari kisah hidup Amstrong adalah pribadinya yang dinilai sangat rendah hati. Dia pernah ditanya bagaimana perasaannya mengetahui jejak kakinya kemungkinan akan tetap di permukaan bulan selama ribuan tahun. "Aku berharap bahwa seseorang berjalan di sana suatu hari dan membersihkan itu," katanya.

Amstrong juga menolak memanfaatkan ketenaran untuk keuntungan pribadinya. Sekembalinya dari bulan, ia megasingkan diri di rumahnya di Ohio dan diketahui mengajar di Universitas Cincinnati sebelum kemudian masuk ke dunia bisnis. Dia menolak untuk memberikan wawancara atau tanda tangan. Dia hanya memberi pidato sesekali. Namun, dia sempat mengejutkan saat muncul di iklan mobil Chrysler. "Saya tidak ingin menjadi monumen hidup."

Menjaga diri untuk tetap rendah hati ketika ketenaran menghampiri bukanlah hal yang mudah. Namun apa yang dilakukan Neil Amstrong membuat namanya tidak hanya dikenal sebagai orang pertama yang menginjakkan kaki ke bulan, melainkan sebagai orang yang rendah hati.

Sumber : beritasatu/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami