Angela Merkel, Wanita Paling Berpengaruh Tahun Ini

Nasional / 24 August 2012

Kalangan Sendiri

Angela Merkel, Wanita Paling Berpengaruh Tahun Ini

daniel.tanamal Official Writer
3404

Kanselir Jerman Angela Merkel untuk kedua kalinya dinobatkan sebagai perempuan paling berpengaruh di dunia pada tahun ini oleh majalah Forbes. Merkel berada diurutan teratas pada daftar tahunan yang didominasi perempuan politisi, pengusaha, dan tokoh media itu. Sebelumnya pada 2011 lalu Merkel juga berada di puncak yang sama.

Menurut Presiden dan Penerbit ForbesWoman Moira Forbes, para perempuan yang masuk dalam daftar ini adalah mereka yang mempunyai pengaruh besar terhadap apa yang mereka kerjakan dengan dampak global. "Para perempuan tangguh ini memiliki pengaruh dengan berbagai cara dan bermacam tujuan, dan semua dengan dampak yang sangat berbeda pada masyarakat global," katanya.

Beberapa nama yang masuk dalam daftar teratas adalah Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton yang berada di posisi kedua, Presiden Brasil Dilma Rousseff ditempat ketiga dan secara berurutan adalah Melinda Gates, co-chair Bill & Melinda Gates Foundation dan istri dari co-founder Microsoft Corp Bill Gates, redaktur pelaksana New York Times Jill Abramson, pemimpin Partai Kongres Nasional India Sonia Gandhi, serta Ibu Negara AS Michelle Obama.

Beberapa penilaian yang mempengaruhi peringkat daftar itu adalah mengenai pengaruh, jumlah uang yang mereka kendalikan atau peroleh, dan kemunculan di media. Usia rata-rata dari semua 100 perempuan paling berpengaruh itu yang berasal dari 28 negara adalah 55 tahun. Mereka memiliki, secara gabungan, 90 juta pengikut di Twitter.

Sementara itu Merkel sendiri dianggap Forbes sangat berpengaruh dan berjasa dalam mempertahankan Uni Eropa dan pengaruhnya atas krisis utang yang menggelayuti zona euro. "Sangat banyak perempuan ini berada di pengambilan kebijakan atau peran politik, dan pengaruh mereka ... baru berkembang sehingga tak mengejutkan bahwa seseorang seperti Merkel atau (Hillary) Clinton akan terus hadir di daftar ini dari tahun ke tahun," sebut Forbes.

Terus berkembangnya jaman membuat perempuan mempunyai pengaruh besar dalam mengubah segala sesuatunya menjadi lebih baik. Dari mereka yang menjadi permepuan berpengaruh didunialah, kaum perempuan terutama di Indonesia dapat belajar banyak untuk bangkit dari keterpurukan dan menciptakan sesuatu yang bisa membawa bangsa ini keluar dari berbagai macam masalah.

 


Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami