Angela Merkel, Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Nasional / 23 August 2012

Kalangan Sendiri

Angela Merkel, Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Puji Astuti Official Writer
3175

Angela Merkel, Kanselir Jerman ini mendapat kehormatan masuk dalam urutan pertama daftar tahunan perempuan paling berpengaruh dunia versi Majalah Forbes. Hebatnya, ini adalah kali kedua Merkel menduduki posisi puncak sebagai perempuan paling berpengaruh di dunia ini.

Setelah Merkel, posisi kedua diduduki oleh mantan ibu negara Amerika Serikat yang sekarang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri, yaitu Hillary Clinton, lalu diikuti Presiden Brasil Dilma Rausseff di posisi ketiga. Tiga orang di posisi teratas ini tidak tergoyahkan dari daftar Forbes ini selama dua tahun berturut-turut.

Selain politikus, mereka yang masuk daftar wanita paling berpengaruh di dunia ini juga berasal dari kalangan dunia hiburan, industri tehnologi, dan organisasi nirlaba.

"Para perempuan tangguh ini memiliki pengaruh dengan berbagai cara dan bermacam tujuan, dan semua dengan dampak yang sangat berbeda pada masyarakat global," demikian penjelasan Moira Forbes, Presiden dan Penerbit ForbesWomen yang dikutip oleh Kompas.com.

Terpilihnya Markel di puncak daftar wanita berpengaruh di dunia karena perannya dan tekad Merkel dalam mempertahankan Uni Eropa serta pengaruhnya dalam mengatasi krisis hutang yang saat sedang membayangi negara-negara eropa.

Selain tiga wanita yang berkecimpung dalam politik dunia, mereka yang berada di posisi teratas dalam daftar tersebut muncul nama Melinda Gates, co-chair Bill & Melinda Gates Faundation dan juga istri dari pendiri Microsoft Bill Gates. Sedangkan di posisi ke lima di pegang oleh redaktur pelaksana New York Times, Jill Abromson.

Selain wanita Eropa dan Amerika, ada juga wanita India berada di posisi ke enam, yaitu Sonia Gandhi yang menjadi pemimpin partai Kongres Nasional India. Sedangkan ibu negara Amerika Serikat saat ini, Michele Obama harus puas berada di urutan ke tujuh, diduduki pendatang baru, aktris Jennifer Lopez dan posisi kedelapan adalah janda pendiri Apple Steve Jobs, yaitu Laurene Powell Jobs.

Dari daftar Forbes ini terlihat jelas bahwa banyak wanita yang berperan penting dalam mengambil kebijakan politik yang menentukan arah dunia, atau memberi dampak positif melalui karya kreatif dan menghiburnya serta melalui kegiatan sosial yang dibuatnya. Kehidupan yang berdampak  dan memberikan pengaruh positif tidak dibatasi oleh pekerjaan, latar belakang kehidupannya atau apapun, asalkan orang tersebut memiliki kepedulian dan mau bekerja keras untuk mewujudkan impian dan tujuannya, maka apa yang dihidupnya pasti menjadi berkat bagi orang-orang disekelilingnya.

Baca Juga :

Sparkle, Film Terakhirnya Whitney Houston

Kasih yang Menjadi Dingin

Mengapa Mujizat Belum Terjadi?

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami