SBY Yakin Militer Indonesia Akan Jadi Macan Asia

Nasional / 10 August 2012

Kalangan Sendiri

SBY Yakin Militer Indonesia Akan Jadi Macan Asia

Budhi Marpaung Official Writer
3909

Presiden Susilo Bambang Yudhono menunjukkan sikap positifnya terhadap masa depan dunia militer Indonesia.

Dalam jumpa pers di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (9/8) malam WIB, Presiden menyatakan bahwa dalam lima tahun mendatang dirinya yakin angkatan bersenjata Indonesia akan disegani di wilayah Asia.  

“Cita-cita dan semangat Indonesia tampil sebagai Macan Asia, masih. Insya Allah kita lanjutkan cita-cita Bung Karno jadi Macan Asia dalam politik, militer dan ekonomi. Dalam lima tahun lagi kita jadi Macan Asia. Politik kita semakin aktif, kita punya Alutsista (alat utama sistem persenjataan)," ujarnya.  

Karena itu SBY mendorong modernisasi Alutsista militer Indonesia yang memang mendesak untuk dilakukan.

Pada kesempatan yang sama, SBY mengatakan untuk 2013 pemerintah menyiapkan alokasi anggaran pertahanan mencapai Rp77 triliun. "Anggaran pertahanan dari tahun ke tahun meningkat. 2004, anggaran pertahanan Rp 21.07 triliun, 2009 Rp 33.67 triliun dan 2012 Rp 72.54 triliun. Insya Allah tahun depan anggarannya Rp77 koma sekian triliun," ungkapnya.

SBY mengingatkan besarnya anggaran tersebut haruslah direncanakan dan dikelola dengan baik. Ia meminta agar jangan sampai  ada penyimpangan dalam pengadaan alutsista yang akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

"Saya dengar masih ada yang dibintangi DPR RI. Saya minta Menteri Pertahanan dan Menteri Keuangan bicara baik-baik," pungkas SBY.

Memperkuat pertahanan Indonesia adalah sesuatu yang baik, tetapi pemerintah kiranya jangan lupa bahwa masih banyak permasalahan lain yang membutuhkan penanganan mendesak seperti pendidikan dan kesejahteraan orang-orang yang berada di wilayah timur Nusantara. Jika ini diacuhkan maka Indonesia tidak akan pernah dapat berdiri sejajar dengan negara-negara yang sudah lebih dahulu maju seperti China, Korea Selatan, dan bahkan Inggris.

Baca juga : 

Berbelas Kasih

Forum JC : Dokumentasi Kopdar + Photo Hunting

Cornerstone - Hillsong

Sumber : beritasatu.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami