Irjen Polisi Djoko Susilo Jadi Tersangka Korupsi

Nasional / 31 July 2012

Kalangan Sendiri

Irjen Polisi Djoko Susilo Jadi Tersangka Korupsi

daniel.tanamal Official Writer
3727

Langkah berani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk terus memburu para koruptor patut diacungi jempol. Kini mereka merambah ke ranah kepolisian. Dalam kasus korupsi proyek simulator kemudi motor dan mobil 2011 pun mereka telah menetapkan tersangka, yaitu Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Djoko Susilo.

"Perlu dijelaskan bahwa KPK sejak 27 Juli 2012 meningkatkan penyelidikan ke penyidikan dengan tersangka DS (Djoko Susilo) pernah menjabat sebagai Dirlantas (Korlantas)," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi, di Jakarta, Selasa (31/7).

Dalam kasus tersebut, Joko yang saat itu menjabat Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri diduga menyalahgunakan kewenangannya sehingga menimbulkan kerugian negara atau menguntungkan orang lain. untuk hal tersebut dirinya dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Dirilis kompas.com ketika ditanya mengenai penetapannya sebagai tersangka, dirinya enggan berkomentar dan meminta hal itu ditanyakan kepada Bareskrim Polri. "Tanya saja sana," katanya. Hal tersebut juga ditunjukannya dalam berbagai kesempatan ketika ditanyai oleh para wartwan yang meminta konfirmasi.

KPK sendiri sebelumnya telah melakukan penggeledahan di gedung Korlantas di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur. Pada penggeledahan yang dilakukan pada Selasa dini hari ini, penyidik KPK yang jumlahnya tak kurang dari 10 orang menemukan sejumlah dokumen yang memuat bukti aliran dana ke pejabat Korlantas. Dalam kasus ini kepolisian sendiri telah menyatakan akan mendukung KPK dalam penyidikan.

Hal seperti inilah yang ditunggu oleh masyarakat dari KPK untuk tidak tebang pilih dalam menyelidiki sejumlah kasus korupsi. Siapapun yang bersalah harus ditindak segera, agar sebaran gaya hidup korup ini terus dipangkas dan tidak menyebar.

 


Baca Juga:

Paus Kembali Desak Suriah akhiri Kekerasan

Perselingkungan Kristen Stewart hanya Cari Popularitas

Sumber : kompas.com - dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami