Makanan Ini Buat Orang Lupa Akan Rokok

Gizi & Nutrisi / 20 July 2012

Kalangan Sendiri

Makanan Ini Buat Orang Lupa Akan Rokok

Lois Official Writer
7307

Menghentikan kebiasaan rokok memang bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi mereka yang sudah kecanduan terlalu lama dan begitu sering. Namun, ada beberapa makanan yang dapat membantu kita menghilangkan efek ingin merokok. Berikut ini adalah makanan-makanan tersebut :

Susu dan produk susu

Susu adalah makanan yang menyediakan nutrisi yang komprehensif untuk tubuh. Tapi tak banyak yang tahu bahwa susu dapat membantu kita berhenti merokok. Segelas susu sebelum merokok, akan membuat pemakai akan tidak menyukai rasa rokok mereka, menurut Universitas Dukes. Bisa juga rokok dicelupkan ke dalam susu dan biarkan mengering. Ini akan membuat rasa rokok tidak enak di mulut.

Sayuran seperti seledri, timun, dan terong

Sayuran-sayuran ini akan membuat rokok terasa lebih pahit jika dimakan sebelum merokok. Selain itu, sayuran ini juga mengurangi intensitas ketergantungan nikotin. Namun, berhati-hatilah. Sayuran manis seperti jagung dan kacang dapat meningkatkan keinginan untuk merokok.

Jus jeruk

Rokok merampok pasokan vitamin C dari tubuh, membuat kita merasa ingin mengisinya dengan nikotin. Jika ingin menendang kebiasaan merokok ini, minumlah jus jeruk lebih banyak atau makanlah buah jeruk lebih banyak ataupun buah-buah bervitamin C lainnya seperti lemon dan delima.

Garam

Setiap kali ingin merokok, cobalah untuk menjilat sedikit garam dengan ujung lidah ataupun makan sesuatu yang asin. Kebiasaan ini dapat membunuh keinginan kita tersebut.

Ginseng

Ginseng terbukti mencegah pelepasan nikotin yang diinduksi dari dopamine neurotransmitter, namun jangan gunakan ginseng sehari-hari. Gunakan ginseng setiap 3-4 kali dalam sebulan.

Selain makanan di atas, tentunya dengan tekad dan kemauan semua keinginan merokok dapat dikurangi bahkan dihilangkan. Dan cobalah mengunyah permen karet sekaligus mencari kegiatan positif yang dapat membuat kita melupakan rokok.

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami