KPK Siapkan Ratusan Seragam Tahanan untuk Koruptor

Nasional / 17 July 2012

Kalangan Sendiri

KPK Siapkan Ratusan Seragam Tahanan untuk Koruptor

daniel.tanamal Official Writer
3618

Langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk terus konsisten mengusut kasus dan tindak korupsi semakin terlihat. Setidaknya hal ini diperlihatkan ketika mereka merilis ratusan baju tahanan untuk dikenakan para tahanan lembaga antikorupsi tersebut.

Dilaporkan KPK  telah menyiapkan antara 100-200 buah baju tahanan yang anggarannya hingga kini masih dalam tahap pembahasan, dan berasal dari anggaran KPK. "Ini sedang dibahas pengadaannya. Tetapi dananya tidak besar, sekitar Rp50 ribu per baju. Dan kita persiapkan 100-200 baju tahanan," ungkap Juru bicara KPK Johan Budi SP di kantor KPK, Jakarta, Senin (16/7).

Rancangan bentuk baju tahanan pun menurutnya masih dalam tahap pembahasan. Selain itu diperkirakan akan ada dua model baju tahanan tetap. "Jadi sekarang kita sedang mendesain. Nanti akan ada beberapa yang sedang dikerjakan, misalnya warna bajunya merah kemudian ada garis-garis hitamnya. Tetapi, ini belum selesai. Nanti dari sekitar enam, akan dipilih salah satu atau dua," ujar Johan.

Kategori dua baju tahanan yang membedakan adalah pengenaannya, yaitu satu dikenakan sewaktu berada di ruang tahanan dan yang satu lagi dikenakan saat akan dibawa ke pengadilan. Tetapi selama menjalani persidangan baju tahanan akan dilepas untuk menghormati persidangan.

Paling tidak langkah ini memperlihatkan kepada masyarakat bahwa ada ratusan koruptor diluar sana yang akan memakai seragam darai KPK tersebut. Inilah saatnya dukungan kita teruskan kepada KPK untuk berani dan tidak pandang bulu menegakkan supremasi hukum dan membayar kepercayaan masyarakat yang lelah dengan aksi korupsi di negeri ini.

 


Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami