Atlet Amputasi Pertama Ikuti Olimpiade London 2012

Nasional / 14 July 2012

Kalangan Sendiri

Atlet Amputasi Pertama Ikuti Olimpiade London 2012

daniel.tanamal Official Writer
3911

Olimpiade kembali mencatatkan sejarahnya kembali, bahkan saat ajang olahraga terbesar didunia tersebut dimulai. Adalah pelari asal Afrika Selatan Oscar Pictorius yang akan menorehkan catatan sejarah, karena dirinya akan menjadi atlet amputasi pertama di dunia yang mengikuti Olimpiade, London 2012.

Pencapaian tersebut terjadi karena dirinya terpilih masuk dalam Tim Afrika Selatan dan akan bertanding dengan pelari normal di kelas lari bergengsi 400 meter dan estafet 4X400 meter. Pria berusia 25 tahun tersebut begitu gembira atas kenyataan terbesar dalam hidupnya itu. "Hari ini merupakan hari yang paling saya banggakan di sepanjang hidup. Ini merupakan kehormatan nyata dan saya amat gembira dengan kerja keras selama bertahun-tahun, tekad dan juga pengorbanan," ungkapnya. 

Atlet 25 tahun tersebut kehilangan kedua kakinya di umur 11 tahun. Prestasi mengesankannya mengantarkan pada berbagai prestasi dicabang lari. Atlet yang dijuluki "Blade Runner" itu pernah bermasalah dengan hukum dan digugat ke pengadilan arbitrase olahraga internasional karena dianggap curang dengan menggunakan kedua kaki palsunya. Perjuangannya untuk menembus olimpiade begitu besar.

Hingga didetik terakhir pendaftaran, dilaporkan bahwa hampir saja Komite Olimpiade mencoret seluruh wakil pelari dari Afrika Selatan akibat tak lulus kualifikasi. Namun kematangan dirinya dan pertimbangan beberapa pihak, akhirnya membuat namanya tercantum dalam tim yang akan dibawa Afrika Selatan ke London.

Tak hanya bertanding di olimpiade musim panas saja, namun olimpiade penyandang cacat, paralympic games yang juga dihelat di London awal Agustus 2012 akan diikutinya. "Kami akan di London 2012, bertanding di Olimpiade dan Paralympic Games. Terima kasihku untuk Tuhan, keluargaku, teman, lawan-lawanku dan pendukungku, karena telah membuat aku menjadi atlet seperti sekarang," ungkapnya dikutip Los Angeles Times.


Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami