Romo Benny : Rakyat Mencari Pemimpin Yang Mau Melayani

Internasional / 13 July 2012

Kalangan Sendiri

Romo Benny : Rakyat Mencari Pemimpin Yang Mau Melayani

Puji Astuti Official Writer
4522

Mencermati hasil pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta pada 11 Juli 2012 lalu, Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Benny Susetyo Pr, atau yang akrab disapa Romo Benny menyatakan bahwa hasil tersebut menunjukkan bahwa para pemilih telah membuat keputusan berdasarkan akal sehat, dimana mereka mencari seorang pemimpin yang mau melayani rakyat.

"Kali ini, politik akal sehat mengalahkan politik citra dan indentitas. Rakyat memilih secara rasional dengan mempertimbangkan kualitas dan kemampuan untuk membenahi Jakarta," demikian pernyataan Romo Benny pada Kamis (12/7) lalu yang dikutip oleh Kompas.com.

Munculnya kesadaran masyarakat tersebut, menurut Romo Benny dikarenakan keterbukaan berbicara dan peranan sosial media yang sangat kuat dalam menyampaikan aspirasi masyarakat. Ia pun berharap kedepannya fenomena tersebut dapar menyebar ke seluruh Indonesia dan mempengaruhi percaturan politik nasional.

Dengan berkembangnya fenomena kebebasan berpendapat dan juga pengaruh social media yang mempercepat penyebaran informasi, maka mereka yang berpolitik dengan mengandalkan hasil survey dan pencitraan tidak akan bertahan. Sebaliknya, mereka yang ingin bertarung di kancah politik dipacu untuk berkompetisi dengan cara sehat melalui kerja keras. Pada akhirnya, masyarakat tidak lagi hanya menerima janji-janji dari poltikus saja namun juga hasil implementasi dari semua janji-janji yang dibuat pada masa kampanye.

Kondisi yang menunjukkan bahwa masyarakat mulai cerdas berpolitik dan juga cermat memilih pemimpin adalah sebuah fenomena yang sangat menggembirakan. Jika hal ini terus berlangsung, maka mereka yang hanya tukang janji akan tersingkir dengan sendirinya, dan mereka yang bertahan adalah orang-orang yang bisa memberikan bukti dan juga hasil kerja keras dalam membangun Indonesia.


Baca juga artikel lainnya :

Sumber : Kompas.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami