Para Atlet Boleh Tunda Puasa Demi Olimpiade 2012

Nasional / 11 July 2012

Kalangan Sendiri

Para Atlet Boleh Tunda Puasa Demi Olimpiade 2012

Lois Official Writer
2932

Olimpiade yang jatuh pada tanggal 27 Juli sampai 12 Agustus 2012, bertepatan dengan bulan puasa. Dengan begitu, tentu umat Muslim yang mengikuti olimpiade harus mengambil keputusan, apakah mereka tetap menjalankan puasa dan mengikuti olimpiade yang tentunya akan sangat menguras tenaga?

Namun, menurut beberapa ahli hukum Islam, kewajiban berpuasa ini dimudahkan bagi para Muslim yang bepergian, seperti para atlet yang menempuh perjalanan ke London. Cendikiawan Muslim Siddiquallah Fedayi mengatakan bahwa Quran memerintahkan para Muslim yang bepergian untuk menunda puasanya. Fedayi menambahkan bahwa Quran juga memperbolehkan umat Islam yang tidak bepergian untuk memutuskan sendiri.

“Kompetisi ini sangat penting. Setiap atlet pasti bermimpi untuk mendapat medali Olimpiade. Untuk itu, kita seharusnya tidak berpuasa. Kita berlatih setiap hari. Pada siang hari karena ada perlombaan, sangat mustahil berpuasa karena paling tidak kita harus minum,” ujar Nesar Ahmad Bahawi (27), atlet taekwondo asal Afghanistan yang pernah mendapat peringkat ketujuh di kelasnya pada Olimpiade 2008.

Bagi negara-negara Islam konservatif seperti Arab Saudi atau Iran mewajibkan atlet mereka untuk tetap menjalankan puasa. Menunda puasa dapat dianggap melanggar norma budaya. Meskipun begitu, sebagian besar atlet Muslim peserta Olimpiade, mengatakan siap untuk menunda kewajibannya itu. Panitia telah melakukan pengaturan khusus untuk mengakomodasi para atlet yang memilih berpuasa dengan menyediakan makanan sahur dan makanan berbuka di setiap tempat pertandingan.

Bagi para atlet, merupakan suatu kebanggaan tersendiri jika mendapat kesempatan bertanding di Olimpiade, apalagi bila memenangkan pertandingan tersebut. Karena itu, penting bagi mereka untuk punya stamina yang tinggi. Namun, bagi para atlet yang tetap menjalankan puasa, khususnya atlet Indonesia, kita tetap mendukung dan berharap kemenangan buat mereka.

 

Baca Juga :

Jakarta Baru Untuk Kita Bersama

Memulai Dengan Baik, Mengakhiri Dengan Gemilang

Menjadi Single yang Unggul dalam Hal Keuangan

Sumber : voaindonesia by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami