Suporter Sepakbola gelar Kampanye Donor Darah

Nasional / 7 July 2012

Kalangan Sendiri

Suporter Sepakbola gelar Kampanye Donor Darah

daniel.tanamal Official Writer
3093

Hanya ada dua hal yang mendominasi citra suporter sepakbola diseluruh dunia. Pertama adalah kreativitas dalam mendukung timnya menggunakan atribut hingga koreografi yang ciamik. Yang kedua adalah kerusuhan! Namun sebuah klub di Brasil punya cara positif dan inspiratif untuk mengajak suporternya bertindak humanis.

Klub sepak bola Brasil, Vitoria itu menggelar kampanye donor darah yang diperuntukan bagi suporternya. Kampanye bertema "Darahku Merah dan Hitam" ini mengambil inspirasi dari dua warna merah hitam kostum Vitoria. Donor darah inipun nantinya akan disumbangkan bagi rumah sakit yang membutuhkan transfusi darah untuk pasien yang membutuhkan.

"Kami ingin melakukan lebih daripada sekadar meminta suporter memberikan darahnya. Dengan inisiatif ini, fans 'Merah dan Hitam' bisa berpartisipasi lebih aktif dalam kampanye (donor darah) dan mereka akan melihat pentingnya gerakan seperti ini yang bisa menyelamatkan nyawa dengan jumlah tak terhitung," ungkap Presiden Vitoria, Alexi Portela Junior.

Vitoria berpendapat bahwa semakin banyak suporter yang mendonorkan darahnya maka akan semakin banyak pula nyawa yang diselamatkan. Bahkan mereka membawa spanduk yang berbunyi "Vitoria selalu memberikan darahnya kepada Anda. Sekarang saatnya buat Anda untuk memberikan darah."

Selain sebagai aksi sosial yang nyata, kegiatan ini juga sebagai bagian dari kampanye donor darah di Brasil yang dalam beberapa bulan belakangan ini mengalami penurunan sampai 25 persen dan itu membuat persediaan darah sering kurang dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebuah angka yang sangat kurang jika mengacu pada Badan Kesehatan PBB (WHO) yang mengidealkan tiga persen rakyat setiap negara melakukan donor darah secara reguler.



Sumber : kompas bola
Halaman :
1

Ikuti Kami