Hari Ini Festival Malioboro Kota Yogyakarta Dibuka!

Hari Ini Festival Malioboro Kota Yogyakarta Dibuka!

daniel.tanamal Official Writer
3722

Sebuah acara budaya yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, bertajuk “Festival Malioboro” hari ini resmi dibuka. Rencananya festival yang akan dimulai hari ini 6 hingga 8 Juli 2012 tersebut akan dibuka secara simbolis oleh Gubernur provinsi ini Sri Sultan Hamengku Buwono X. 

"Direncanakan Sultan HB X akan membuka secara resmi Festival Malioboro yang berlangsung di Plaza Monumen Serangan Oemoem 1 Maret di Titik Nol Kota Yogyakarta. Selama Festival Malioboro berlangsung juga akan ada kolaborasi tari bertajuk ‘Yogyakarta Kota Republik’ yang mengisahkan tantang sejarah Keistimewaan Yogyakarta,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tazbir, di Yogyakarta.

Menurut Tazbir, festival itu akan menampilkan sejumlah event yang bernuansa segar untuk memancing wisatawan lebih betah tinggal di Yogyakarta. diantaranya festival perkusi, penampilan seni semikontemporer oleh grup band Letto, kolaborasi seni pesinden Sruti Respati oleh Jemek Supardi, serta fashion show dari Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI).

Bahkan ada pula pertunjukan seni dari luar Yogya sebagai bentuk toleransi dan nasionalisme festival ini. Pertunjukan seni itu diantaranya seni tari seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua, termasuki musik tradisional Accapela Mataram. Juga para seniman - seniman dari luar negeri akan turut menyemarakan festival ini.


Tazbir menambahkan bahwa Festival Malioboro ini bertujuan untuk menguatkan daya jual Malioboro sebagai ikon wisata dan belanja di Yogyakarta. "Diharapkan Festival Malioboro `Sound of Jogja` pada tahun ini makin mengukuhkan peran Yogyakarta sebagai aset wisata budaya sekaligus Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),"ungkapnya.


Nah, jika anda sedang berada di Yogyakarta atau sedang merencanakan liburan singkat ke luar kota, tidak ada salahnya jika anda mengunjungi festival ini.  Sebuah medium dimana semangat nasionalisme dibungkus dengan kearifan lokal yang akan semakin memperkaya kita dengan nilai toleransi dan kebersamaan.

 

Baca Juga :

Umat Kristen Mesir Masih Khawatir Diskriminasi

Regina Idol : Tuhan Luar Biasa!

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami