Janji Politik Para Calon Gubernur DKI Jakarta

Janji Politik Para Calon Gubernur DKI Jakarta

Lois Official Writer
3093

Di Jakarta, spanduk maupun banner bertebaran di mana-mana. Hal ini tanda ‘peperangan’ antar calon gubernur telah dimulai. Setiap dari pasangan calon mengungkapkan janji dan tindakan yang akan mereka ambil jika terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur. Di dalam debat kandidat pada Minggu (24/6) pun berlangsung seru, seperti yang dikutip dari kompas.com.

Fauzi Bowo – Nachrowi Ramli No Urut 1

Fauzi Bowo menawarkan pelayanan publik berkualitas yang mudah diakses masyarakat dan merata. Misi itu diwujudkan melalui penyempurnaan kebijakan, rekayasa sistem, dan inovasi program. Mereka mengatur perizinan, layanan publik berbasis online system, e-Government, subsidi pendidikan, jaminan sosial kesehatan masyarakat, subsidi angkutan umum massal, dan subsidi rumah susun sewa bagi masyarakat miskin.

Hendardji Soepandji – Ahmad Riza Patria No Urut 2

Dia menggaungkan Jakarta jangan “berkumis” (berantakan, kumuh, miskin). Ia yakin mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jakarta dan menggerakkan aktivitas kebudayaan yang menurutnya akan memberikan imbas besar bagi faktor ekonomi warga Jakarta. “Membuat lapangan pekerjaan dari faktor formal dan informal. Oleh karena itu, dengan menambah lapangan pekerjaan, Jakarta tidak lagi kumuh berantakan dan miskin,” tegasnya. Dia juga akan memperbaiki pelayanan puskesmas. “Memberikan pelayanan 24 jam, serta melayani jaminan persalinan,” ujarnya seperti dirilis vivanews.

Joko Widodo (Jokowi) – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) No Urut 3

Pasangan berkemeja kotak-kotak ini menjanjikan kartu sehat dan kartu pintar untuk kalangann tidak mampu. Mereka juga menjanjikan ketersediaan pendidikan gratis dari tingkat dasar sampai tingkat menengah atas. “Ini bukan mimpi, kartu sehat dan kartu pintar sudah ada di Solo,” kata Jokowi. Selain pendidikan, fokusnya adalah penanganan macet. Ia menjanjikan 1000 unit busway, peremajaan kopaja, mempercepat pembangunan monorel, dan penataan PKL dan pasar.

Hidayat Nurwahid – Didik J. Rachbini No Urut 4

Dia mencanangkan Jakarta sebagai kota pintar, yaitu kota yang bisa memberikan kemudahan bagi warganya lewat penggunaan teknologi informasi. Bersama Didik J Rachbini, dia bertekad untuk membereskan Jakarta. “Jakarta juga padat dengan masalah. Saya mendengar curahan hati dari para tamu dan warga Jakarta, karena itu saya akan membereskan Jakarta agar bekerja yang lebih nyaman,” tuturnya seperti yang dirilis oleh jpnn.com. Selain itu, dia juga menambahkan, “Kami berkomitmen untuk meningkatkan anggaran, memberikan jaminan keamanan kepada para perempuan yang terpaksa bekerja malam di luar rumah, seperti pabrik, rumah sakit, dan sektor-sektor publik lainnya,” tambahnya.

Faisal Basri – Biem Benjamin No Urut 5

Dia berjanji untuk mengembalikan kedaulatan dan hak warga Jakarta. “Jakarta milik warga Jakarta, Jakarta ini bukan rumah untuk politisi, partai, milik birokrat, atau cukong-cukong jahat,” tegasnya. Selain itu, mereka juga mendukung pemberdayaan kereta api sebagai alternatif pelayanan publik bagi warga Jakarta dan penduduk lain yang bekerja di Jakarta.

Alex Noerdin – Nono Sampono No Urut 6

Dia dan bersama pasangannya, Nono Sampono memiliki visi mewujudkan Jakarta sebagai kota yang nyaman dan berkelanjutan. Ia melihat saat ini Jakarta adalah kota yang dicintai, tetapi tidak layak huni. Hal itulah yang memotivasi dirinya menang dalam Pilkada tahun ini. Pasangan ini menjanjikan biaya pendidikan dan berobat gratis hanya dengan syarat menunjukkan KTP. Pasangan ini juga akan melanjutkan proyek monorel untuk mengatasi macet. Untuk mengatasi banjir, dia memprogram normalisasi 13 sungai dan pembuatan waduk menyusul selesainya pembangunan Kanal Banjir Timur (KBT).

Dari janji-janji yang ditawarkan para calon gubernur dan calon wakil gubernur, ada beberapa persamaan namun yang terpenting adalah apakah mereka benar-benar melaksanakan janji tersebut. Sekarang pilihan berada di tangan para warga Jakarta, pilihlah menurut Anda yang terbaik.

 

Baca Juga :

What Is Church?

Perubahan Tubuh Terjadi Saat Pubertas, Konsumsi Makanan Ini

Detoks Pola Hidup, Jadilah Single Bahagia

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com

Ikuti Kami