5 Kisah Menarik dari Piala Eropa 2012 (1)

Nasional / 24 June 2012

Kalangan Sendiri

5 Kisah Menarik dari Piala Eropa 2012 (1)

daniel.tanamal Official Writer
3638

Pagelaran besar sepakbola didaratan Eropa, Euro 2012 memang belum selesai kompetisinya. Namun dalam dua minggu berlangsungnya turnamen yang memperebutkan trofy Henry Delauney ini sudah banyak kisah menarik baik dari dalam maupun luar lapangan.

Berikut 5 kisah menarik yang Jawaban.com pilihkan untuk anda:

Batal Menikah

Salah satu pemain Yunani, Giannis Maniatis terancam batal menikah. Hal itu akan terjadi jika Yunani berhasil melenggang ke Final Euro 2012. Pasalnya pernikahan Maniatis akan dilangsungkan pada 1 Juli atau bertepatan dengan laga final Piala Eropa 2012.

"Rencana pernikahan Giannis telah ditentukan 18 bulan silam. Aku rasa dia tidak tahu kalau Yunani bisa saja menjadi finalis. Atau mungkin dia tidak tahu jika masuk ke dalam skuad Yunani di Piala Eropa 2012. Tapi, jika benar kami di final, aku rasa dia batal menikah," ungkap kapten timnas Yunani Kostas Katsouranis.

Runner-up grup jadi juara Piala Eropa

Fakta menarik membuktikan bahwa sejak 1984, peserta yang berposisi juara kedua grup memiliki peluang lebih besar sebagai juara Euro. Inilah daftar para juara Piala Eropa:

1984 - Juara turnamen: Perancis (juara grup)
1988 - Belanda (runner-up grup)
1992 - Denmark (runner-up grup)
1996 - Jerman (juara grup)
2000 - Perancis (runner-up grup)
2004 - Yunani (runner-up grup)
2008 - Spanyol (juara grup)

 

Kapten Tsubasa

Kebolehan motor serangan timnas Spanyol Andres Iniesta dalam “menggoreng” si kulit bundar memang tiada duanya. Bahkan Media Spanyol, Marca, sampai membandingkan kehebatan gelandang serang El Barca itu dengan tokoh sepakbola kartun Jepang, Tsubasa Ozora. Yang menjadi pembandingnya adalah dua buah foto Iniesta kala melawan Italia dan Kroasia. Disitu Iniesta sedang mengging bola dan dikepung oleh lima hingga enam pemain. Welehh..

Kembang Api dan Pisang Seharga Rp 960 juta
Mungkin hanya di Piala Eropa 2012 saja, harga kembang api dan pisang melambung tinggi hingga 80.000 euro (sekitar Rp 960 juta). Tapi harga tersebut adalah hukuman denda yang harus dibayarkan Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS) kepada UEFA. Hal ini adalah hukuman atas tindakan pelemparan kembang api yang dilakukan pendukung Kroasia saat tim yang didukungnya melawan Italia, juga tindakan rasial dengan menirukan suara monyet dan melempari pisang kepada Mario Balotelli dalam babak penyisihan Grup C Piala Eropa 2012, Kamis (14/6/2012).

Beruang Vodka back to nature!
Ternyata Euro 2012 membawa berkah tersendiri bagi Beruang Vodka. Beruang vodka ini  adalah hewan yang sering dijadikan komoditas hiburan yang di kafe, bar, dan restoran. Beruang tersebut dicekoki vodka atau minuman keras hingga mabuk dan kemudian diperintah untuk menari.

Karena takut menjadi pusat perhatian para jurnalis, sekaligus menyelamatkan citra Ukraina, pemerintah setempat melakukan rehabilitasi sebelum beruang tersebut dilepas kembali ke alam liar. Bahkan menyiapkan lahan tambahan di cagar alam bagian barat Ukraina untuk merehabilitasi 80 beruang.

"Jika orang asing datang ke sini dan melihat beruang di sebuah bar, akan sangat buruk bagi citra negara. Kami juga khawatir dengan Greenpeace, WWF, dan yang semua orang katakan mengenai negara kami," kata Yuri Tyukh, wakil direktur pelestarian.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami