Fokker 27 Jatuh di Halim, 6 Orang Dipastikan Tewas

Nasional / 21 June 2012

Kalangan Sendiri

Fokker 27 Jatuh di Halim, 6 Orang Dipastikan Tewas

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3621

Kecelakaan transportasi udara kembali terjadi di tanah air. Sebuah pesawat jenis Fokker 27 jatuh di sekitar Kompleks Perumahan Halim Perdanakusuma pada Selasa 22 Juni, sekitar pukul 14.55 WIB. Menurut Kepala Dinas Penerbangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama Azman Yunus, pesawat yang membawa tujuh orang penumpang tersebut jatuh setelah lepas landas dari Halim Perdanakusuma sekitar pukul 13.10.

Penerbangan yang merupakan latihan rutin tersebut dipimpin oleh Mayor Penerbangan Hery Setyawanto dan kopilotnya, Letnan Satu Paulus. Selain pilot dan kopilot, pesawat berkapasitas 36 orang tersebut juga ditumpangi oleh instruktur dan siswa penerbangan. “Jadi tidak ada penumpang sipil,” ungkap Marsman seperti dilansir dari republika.

Dipastikan enam orang tewas dalam insiden tersebut, namun jumlah ini masih bisa bertambah. Selain Mayor Penerbang Herry dan Letnan Satu Paulus, korban adalah warga sipil dan dua diantaranya adalah anak-anak. "Keduanya (pilot dan kopilot) tewas," kata Kapuspen Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul seperti dilansir dari berita8.

Menurut saksi mata, kondisi pesawat Fokker 27 terbelah menjadi dua setelah jatuh menabrak bangunan balai warga dan menimpa sepuluh rumah yang kemudian langsung terbakar. 10 unit pemadam kebakaran dan 10 unit mobil ambulans diturunkan untuk mengevakuasi korban dan langsung dibawa ke RS. Halim Perdanakusuma. Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak TNI AU mengenai insiden ini.

Sumber : berbagaisumber/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami