Sri Sultan Siap Jadi Fasilitator Pemerintah dan Papua

Sri Sultan Siap Jadi Fasilitator Pemerintah dan Papua

daniel.tanamal Official Writer
4006

Situasi tidak kondusif yang terjadi di Papua, membuat beberapa tokoh negara mulai angkat bicara secara khusus. Salah satunya adalah Gubernur daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Raja Yogya ini menyatakan siap untuk jadi mediator masyarakat Papua dan Pemerintah Indonesia untuk atasi konflik.

"Untuk masyarakat Papua, asal ada kesadaran warga Papua untuk berdialog, dan Yogya sebagai fasilitator, kami siap memfasilitasi ke Jakarta. Ini butuh kepercayaan masyarakat Papua,” ungkapnya. Akan tetapi Sultan pun enggan berinisiatif, hal itu harus dimulai dan benar-benar berangkat dari keinginan masyarakat Papua.

”Tapi saya tidak ingin berinisitif karena kesadaran masyarakat Papua. Sekarang kembali kemamuan ke masyarakat Papua, Masyarakat Yogyakarta siap memfasilitasi," tambah Sultan berbicara dalam diskusi "Angkat Pena demi Dialog Papua", yang digelar Rabu (20/6).

Selanjutnya menurut Sultan untuk mewujudkan Papua yang aman, dibutuhkan segala kejujuran dan kepercayaan. "Bagi kami di Yogya tidak ada masalah. Di Yogyakarta tidak ada orang Papua, tapi masyarakat Yogya yang berasal dari Papua. Ini mempersamakan setiap etnik dalam membangun masyarakat etinik di Yogya," tegas Sultan. 

Sumber : kompas.com - dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami