KY dan Organisasi Agama Bersatu Basmi Peradilan Buruk

Nasional / 19 June 2012

Kalangan Sendiri

KY dan Organisasi Agama Bersatu Basmi Peradilan Buruk

Lois Official Writer
2972

Komisi Yudisial (KY) melakukan kerjasama dengan beberapa organisasi keagamaan (orgam) karena ingin membasmi peradilan yang buruk dan hukum dapat ditegakkan seutuhnya. Kerjasama tersebut dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh KY dan para tokoh agama. Dengan adanya MoU ini, setiap hakim bisa dimutasi atau dipromosikan berdasarkan pandangan para tokoh.

“Kami sadar betul para hakim dari beberapa agama, persoalan dari integritas agama itu berasal dari lintas agama. Dengan itu, akan meringankan perwujudan hukum, tapi satu hal yang belum disentuh sisi moral agama dan harus disentuh sisi keimanan dan keamanan,” ujar Ketua KY, Eman Suparman.

Adapun organisasi keagamaan yang menghadiri penandatanganan tersebut yaitu PP Muhammadiyah – Abdul Fatah Wibisono, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) – Martinus Situmorang, Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) – Suhadi Sanjaya, Persatuan Gereja Indonesia (PGI) – Andreas Anangguru Yewangoe dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) – SN Suwisma.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PGI Andreas Yewangoe mengatakan bahwa dalam masyarakat di Indonesia ada pandangan ketidakpercayaan terhadap lembaga peradilan karena dianggap berat sebelah. “Kami mendorong gereja-gereja Indonesia mewujudkan civil society, peradilan hukum Indonesia yang bersih,” katanya. Tidak hanya perilaku hakim saja yang perlu disorot, tapi perilaku masyarakat juga perlu mendapat perhatian agar hakim tidak terintimidasi.

Sampai sejauh ini, KY sudah bekerja sama dengan 208 unsur masyarakat dan lembaga negara, 87 perguruan tinggi, 18 kos koordinasi pemantau peradilan di 18 provinsi. Kita belum tahu apakah dengan adanya masukan dari lembaga keagamaan maka hukum di Indonesia akan lebih baik, terutama hukum dalam hal beribadah. Namun, tentunya kita berharap Indonesia dapat lebih baik lagi dari segi apapun.

 

Baca juga :

Kalah SMS, Dion Tinggalkan Indonesian Idol 2012

Hindari Kacaunya Hubungan Gara-Gara Bola

Kekurangan Gizi, Sebabkan Anemia

Sumber : kompas.com-okezone by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami