Puluhan Tewas Dalam Pemboman Gereja dan Kerusuhan Nigeria

Internasional / 18 June 2012

Kalangan Sendiri

Puluhan Tewas Dalam Pemboman Gereja dan Kerusuhan Nigeria

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
4461

Ledakan bom kembali mengguncang gereja-gereja Nigeria. Dilansir dari AFP, 16 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat aksi pemboman yang terjadi di tiga gereja di wilayah kota Zaria dan Kaduna. Menurut saksi mata, dua ledakan yang terjadi di kota Zaria hanya berselang menit. Sedangkan ledakan yang terjadi di Kaduna berakhir kerusuhan.

Peristiwa pertama, seorang pelaku bom bunuh diri mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi dan kemudian menerobos barikade gereja dan menewaskan jemaat. "Tiga orang dipastikan tewas. Yang lain dibawa ke rumah sakit untuk dirawat," kata pendeta Nathan Waziri memberi kesaksian tentang serangan pertama.

Masih di kota Zaria, selang sepuluh menit paska serangan pertama. Seseorang melemparkan bom ke gereja lain dan menewaskan anak-anak yang sedang bermain di jalanan. Deborah Osagie, salah seorang saksi mata menuturkan, pelaku langsung ditangkap warga dan dibunuh.

Setelah berita serangan tersebut menyebar, massa yang diklaim sebagai pemuda-pemuda Kristen melakukan aksi pembalasan. Mereka  menutup jalan raya antara kota Kaduna menuju ibukota Abuja dan menyerang warga muslim yang ditemui di jalan. Menurut hasil penyisiran petugas medis, ditemukan lebih dari 20 mayat dan ratusan orang luka-luka dalam aksi pembalasan tersebut.

Kekerasan tidak dapat diselesaikan dengan kekerasan, justru sebaliknya hal ini akan memperkeruh keadaan. Walaupun sering dijadikan sasaran serangan, gereja harus menghimbau kepada warga jemaat untuk tidak membalas serangan ini dengan kekerasan juga, melainkan menyerahkan kasus ini kepada pemerintah untuk diusut dan diselesaikan sesuai hukum yang berlaku. 

Sumber : berbagaisumber/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami