Berdiri Sejak 50-An, Ijin Gereja di Aceh Belum Keluar Juga

Internasional / 14 June 2012

Kalangan Sendiri

Berdiri Sejak 50-An, Ijin Gereja di Aceh Belum Keluar Juga

Lois Official Writer
4430

Ketua Umum PDS Denny Tewu di Jakarta, Rabu (13/6) mengatakan bahwa jemaat di Aceh sebenarnya sudah beribadah di tempat yang layak, namun itupun sudah disegel. Menurutnya, melihat jemaat di Aceh sama seperti hidup di dalam jaman penjajahan.

Dia pun menjelaskan bahwa ada 16 gereja dan satu tempat ibadah kelompok kepercayaan ‘Parmalim’ yang ditutup. Penutupan ini dikarenakan adanya tekanan dari ormas tertentu yang cukup dominant untuk mempengaruhi Pemda setempat. Alasan penutupan dan penyegelan karena tidak ada Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dengan dasar Surat Keputusan Bersama (SKB) dua Menteri, Peraturan Gubernur NAD, dan Qanun Singki. Padahal gereja di sana sudah berdiri sejak tahun 50-an dan Gereja Katolik sejak tahun 70-an.

Di tempat terpisah, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengemukakan pernah mendengar ada aspirasi masyarakat yang menolak kehadiran gereja di Aceh tapi tidak pernah mendengar ada yang ditutup apalagi dibongkar. “Saya ke Aceh dua bulan lalu, Gubernur sepakat dengan saya. Kalau ijin enggak keluar karena ijin belum dipenuhi, ya harus dipenuhi dulu. Kata pihak gereja syarat sudah lengkap tetapi ijin enggak keluar-keluar. Nah, itu yang harus dicarikan, apa alasannya tidak keluar, tidak dipenuhi syarat atau sudah dipenuhi syarat tetapi karena kebijakan politik kepala daerah. Saya akan tanyakan itu kepada bupati,” tuturnya.

Masalah tempat ibadah masih menjadi polemik di Indonesia. Tidak hanya satu, ada puluhan gereja yang sedang dalam pergumulan. PBB pun menaruh perhatian atas permasalahan intoleransi beragama di Indonesia. Masyarakat Kristen di Indonesia pun dapat memberikan sumbangsih melalui jalur professional ataupun hal lainnya untuk membantu setiap gereja yang sedang ‘mengadu nasib’ di Indonesia ini.

 

Baca Juga :

Gara-Gara Mendengarkan Suara Tuhan

Ikutan Photo Hunting Yuk Bersama Forum Jawaban.com

Biography of The Messenger

Sumber : suarapembaharuan by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami