Samaritan's Purse Tingkatkan Kesehatan Ibu Di Uganda

Samaritan's Purse Tingkatkan Kesehatan Ibu Di Uganda

Lestari99 Official Writer
3729

Samaritan’s Purse meluncurkan sebuah proyek kesehatan yang baru di Uganda untuk meningkatkan harapan hidup bagi ibu dan anak balitanya. Proyek ini mendapat bantuan dari Departemen Pembangunan Internasional setelah badan amal ini memenangkan tawaran untuk pendanaan berdasarkan program pemerintahan Inggris dalam penggalangan dana bagi aksi kemiskinan global.

Proyek bernilai miliaran rupiah ini berlangsung sejak April lalu dan dilangsungkan selama tiga tahun, memperkuat usaha kesehatan yang telah dilakukan badan amal ini di negeri Uganda sejak tahun 2006.

Fokus dari proyek ini terutama ditujukan bagi penyediaan pelayanan kesehatan ibu dan anak di distrik Napak, Karamoja, yang menjadi salah satu wilayah dengan presentasi tertinggi akan kematian ibu di Uganda. Di distrik ini, satu dari lima anak meninggal sebelum mencapai ulang tahun kelima, tingkat yang lebih tinggi dari seluruh wilayah di negeri ini yang memiliki presentase satu dari sepuluh.

Dana ini juga akan digunakan untuk menyediakan layanan yang dapat meningkatkan kesehatan ibu dan wanita hamil dengan meningkatkan sumber daya mereka melalui informasi dan ketrampilan. Samaritan’s Purse bertujuan membentuk 200 kelompok perawatan dengan mencapai 32.000 wanita hamil dan perawatan anak di bawah lima tahun. Para pria juga diharapkan keterlibatannya untuk membatnu para wanita meningkatkan kesehatan mereka.

“Hal yang terutama adalah bahwa kesehatan ibu dan wanita hamil akan meningkat dan lebih banyak anak balita yang bertahan hidup,” ungkap Direktur Eksekutif Samaritan’s Purse, Simon Barrington. “mereka tidak lagi akan menderita malaria, kolera, disentri dan diare, dan sesungguhnya ibu mereka akan dibantu untuk merawat mereka. Para anak-anak ini akan dibantu untuk tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang sehat dan memiliki masa depan yang aman.”

Barrington baru saja kembali dari Uganda dimana ia melihat langsung dampak dari proyek di Karamoja ini. Ia mengunjungi beberapa klinik kesehatan dan menemukan bahwa para petugas kesehatan tidak memiliki sumber daya untuk keluar dari masyarakat pedesaan di sana. Barrington mengatakan bahwa proyek ini akan membangun “para ibu memimpin” di seluruh 2.000 masyarakat yang akan memberikan dukungan tambahan kepada petugas kesehatan dengan menawarkan bantuan sebelum dan paska kelahiran bagi anak-anak di distrik tersebut.

“Ini adalah kemitraan yang luar biasa antara pemerintah lokal di Karamoja, Samaritan’s Purse dan pemerintahan Inggris,” lanjutnya. “Dukungan dari Departemen Pembangunan Internasional ini merupakan pengakuan nyata dari pekerjaan baik yang dilakukan orang-orang kami di lapangan, kualitas dari pekerjaan mereka dan juga efektivitas atas pekerjaan itu. Kami sangat menghargai dukungan dari Pemerintah Inggris yang telah bermitra bersama dengan kami untuk memastikan bahwa program ini akan berjalan dengan baik dan berlaku efektif untuk memberikan kehidupan dan masa depan yang sehat bagi ibu dan anak-anak ini.”

 

Baca Juga:

Sumber : christiantoday

Ikuti Kami