Liem Sioe Liong, Sang Raja Dagang Tutup Usia

Nasional / 10 June 2012

Kalangan Sendiri

Liem Sioe Liong, Sang Raja Dagang Tutup Usia

Puji Astuti Official Writer
5575

Liem Sioe Liong atau Sudono Salim, pengusaha yang pernah menjadi orang kaya nomor satu di Indonesia dikabarkan telah menghembuskan nafas terakhirnya di negara tetangga, Singapura. Pria yang akrab dipanggil Om Liem tersebut sebelumnya dikabarkan memang telah jatuh sakit dan akhirnya meninggal pada hari Minggu (10/6) pada pukul 15:08 waktu Singapura.

Dijaman Orde Baru sosok Liem Sioe Liong dikenal dekat dengan keluarga Cendana. Liem yang menginjakkan kaki di Indonesia pada usia 20 tahun sekitar tahun 1916 tersebut membangun usahanya dari perdagangan. Berasal dari negeri China, lebih tepatnya Fukien, Liem Sioe Liong yang memiliki 40 perusahan di berbagai bidang usaha mempekerjakan puluhan ribu orang Indonesia.

Memaparkan kunci keberhasilannya, Liem pernah berkata, “Jika anda hanya mendengarkan apa yang dikatakan orang, anda akan gila. Anda harus melakukan apa yang anda yakini.”

Kini Liem, Sang Raja Dagang Indonesia telah menutup mata. Diluar kekurangan dan kelebihannya, Liem telah meninggalkan warisan berupa teladan dan semangat wirausaha di negeri ini.

Sumber : Beritasatu.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami