Jersey Euro 2012 Mengandung Racun Rusak Saraf

Nasional / 10 June 2012

Kalangan Sendiri

Jersey Euro 2012 Mengandung Racun Rusak Saraf

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3447

Organisasi Konsumen Eropa (BEUC) menguji kostum resmi tim Piala Eropa 2012. Ironinya, lambang timnas dari sembilan negara peserta, yakni Polandia, Spanyol, Jerman, Ukraina, Rusia, Italia, Prancis, Belanda dan Portugal mengandung sejumlah zat berbahaya dalam tahap mengkhawatirkan.

"Setelah menguji sembilan kaus resmi Piala Eropa 2012, ditemukan kandungan kimia dengan kadar mengkhawatirkan pada semua (kaus tersebut). Timbal, yang adalah logam berat, ditemukan pada enam dari sembilan kaus yang dites. Ronaldo, Van Persie, dan rekan-rekan mereka dari Portugal dan Belanda akan memakai kostum yang mengandung nikel," ujar BEUC.

BEUC juga mengklaim kostum tuan rumah Polandia tidak layak untuk dijual massal karena berbahaya bagi kesehatan pemakainya. "Kostum tuan rumah Polandia harus dilarang beredar karena mengandung senyawa organotin (digunakan untuk mencegah bau keringat) dalam dosis yang melebihi batas legal. Organotin bisa menjadi racun untuk sistem saraf," ungkap BEUC.

BEUC sangat menyayangkan para produsen jersey yang dinilai sembarangan memilih bahan produk. "Pencinta sepak bola membayar sampai 90 euro untuk mendapatkan kostum tim kesayangan mereka. Setidaknya mereka harus mendapatkan produk berkualitas dan aman. Sulit dijelaskan kenapa logam berat digunakan pada produk massal. Ini jelas merupakan pelanggaran dari produsen karena menggunakan bahan yang berbahaya baik untuk manusia maupun lingkungan," tambah Direktur Jenderal BEUC, Monique Goyens.

Sumber : berbagaisumber
Halaman :
1

Ikuti Kami