Demo, Gereja Biak Tuntut Surat Pendirian Rumah Ibadah

Internasional / 8 June 2012

Kalangan Sendiri

Demo, Gereja Biak Tuntut Surat Pendirian Rumah Ibadah

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3970

Sekitar seribu orang jemaat dari berbagai gereja di Biak, Papua demo di depan Kantor Bupati, Kantor Kementerian Agama dan DPRD Kabupaten Biak pada Jumat (8/6). Dalam aksi damai tersebut, para demonstran menyampaikan aspirasi mereka terkait pembinaan umat beragama di sana.

Aksi tersebut dilakukan dengan berjalan kaki dari Gedung Klasis GKI Biak Selatan Jalan Ahmad Yani, menuju Kantor Kementerian Agama,  Kantor Bupati serta Gedung DPRD Jalan Majapahit. Dalam orasinya itu, massa meminta pemerintah untuk lebih konsisten terhadap penetapan Surat Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri terkait pendirian rumah ibadah.

Selain itu mereka juga meminta pemerintah untuk bertindak tegas dalam menghentikan peredaran minuman keras dan narkoba, penertiban judi pasar malam dan panti-panji pijat. Massa juga meminta pemerintah untuk memberantas praktik Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) karena dinilai menghambat ekonomi masyarakat. Mereka juga menuntut alokasi anggaran untuk sekolah-sekolah Kristen. 

Aspirasi itu diterima baik oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Biak, Yakobis Labobar. Menurut Yakobis, aspirasi tersebut akan diteruskan kepada Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Papua untuk disampaikan kepada Menteri Agama di Jakarta. "Saya menyampaikan terima kasih kepada semua warga gereja yang telah menyerahkan pernyataan sikap secara damai kepada pemerintah untuk menjadi perhatian," ungkap Yakobis seperti dikutip dari mediaindonesia, pada Jumat (8/6).

Setelah menyerahkan pernyataan sikap di Kantor Kementerian Agama, para pendemo melanjutkan aksi serupa ke Kantor Bupati dan Gedung DPRD. Aksi ini terus dipantau oleh petugas keamanaan untuk menghindari kericuhan.

Warga gereja sebagai bagian dari masyarakat juga berhak untuk menyampaikan aspirasinya. Namun sama seperti yang dilakukan oleh warga gereja di Biak, aksi demo harus dilakukan dengan tertib sehingga tidak menimbulkan kericuhan. Semoga pemerintah segera melakukan pembenahan seperti apa yang diajukan oleh demonstran sehingga terciptalah kehidupan yang lebih baik antar umat beragama.

Sumber : mediaindonesia.com/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami