Banyak Larangan Bagi Suporter di EURO 2012

Nasional / 6 June 2012

Kalangan Sendiri

Banyak Larangan Bagi Suporter di EURO 2012

Puji Astuti Official Writer
3481

Dalam pesta sepakbola Eropa EURO 2012, pihak penyelenggara telah merilis peraturan sejak tiga minggu lalu berisi daftar panjang larangan bagi para supporter yang ingin menonton langsung timnya berlaga di Ukraina dan Polandia.

Yang pertama, penyelenggara menlarang supporter membawa benda-benda atau objek yang bertentangan dengan aturan keselamatan di stadion seperti : bahan peledak, senjata api, besi, bahan yang menimbulkan polusi atau beracun, zat mudah terbakar, produk proteknik dan semua benda yang bisa dijadikan senjata.

Payung, botol dan semua benda berbahan kaca, besi atau bungkusan plastic, minuman berarkohol, stimulator, narkotika dan psikotropika juga berada dalam daftar yang dilarang. Tidak hanya itu, penyelenggara juga melarang penonton membawa kamera professional dan peralatan audio, pointer laser, tas besar ataupun ransel. Bahkan sporter juga dilarang membawa spanduk dukungan untuk timnya  favorit mereka.

Namun jangan sedih, supporter masih tetap bisa membawa bendera atau banner untuk mendukung timnya, aturannya harus berukuran maksimal 2 x 1,5 meter, tidak boleh lebih. Itupun, fans group harus mengajukan ijin terlebih dahulu kepada UEFA sebagai penyelenggara. Jika tidak, banner tersebut akan disita oleh penjaga pintu masuk nantinya. Tetapi untuk bendera kecil, penonton bebas untuk membawanya.

Lebih jauh lagi, penyelenggara EURO 2012 juga melarang alat musik akustik seperti genderang, speaker, terompet, klaxons dan alat musik vuvuzelas yang menjadi symbol Piala Dunia 2010 lalu. Tambahan lagi, produk iklan tidak diperbolehkan juga.

Yang cukup menarik, sekalipun di areal stadion pengunjung dilarang merokok, namun mereka masih diperbolehkan untuk membawa pematik api standar. Nah untuk usia pengunjung pun diatur, anak-anak dibawa 14 tahun hanya boleh menonton jika didampingi orang dewasa.

Sekalipun daftar larangan tersebut sudah cukup panjang, namun penyelenggara masih berpendapat ada hal-hal yang belum masuk disana. Mereka saat ini masih berpikir keras dan memilah-milah hal-hal tertentu yang diperbolehkan dibawa atau tidak. Tentu semua larangan tersebut bukan untuk membuat para penonton tidak nyaman, sebaliknya untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Terlebih lagi, aturan yang ada diharapkan dapat menjaga agar pertandingan final EURO 2012 ini dapat berjalan lancar, aman dan juga nyaman, baik bagi penonton, para pemain yang berlaga serta tuan rumah penyelenggara. Nah, untuk Anda yang tidak langsung berada di arena, acara nobar atau nonton bareng bisa menjadi alternatif seru bersama keluarga dan sahabat. Tetapi ingat ya, ada aturan-aturan yang perlu diperhatikan juga.

Baca juga artikel lainnya :

Lindungi Mata Anda ketika Cuaca Panas

Lagu The Messenger, Lagu yang Sarat Hal Positif

Wu Bin, Kisah Supir Bis Heroik Cina

Sumber : EURO-News.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami